MH Rise Sunbreak: Daftar Endemic Life dan Fungsinya header

Monster Hunter Rise: Sunbreak mengutamakan mobilitas dan penjelajahan tidak hanya dengan Wirebug, tapi juga beragam makhluk yang dapat membantumu berburu dengan memberikan buff atau menyerang monster: para Endemic Life. Berikut daftar Endemic Life yang akan kamu temukan di semua peta Monster Hunter Rise: Sunbreak serta fungsi mereka.

Daftar Isi:

Hunting Helper

Hewan-hewan yang dapat membantumu berburu saat diambil dan/atau digunakan. Biasanya langsung menimbulkan efek. Total kamu bisa membawa 5 Hunting Helper berbeda maupun sama. Kamu bisa melihat daftar Hunting Helper yang kamu bawa dengan membuka menu Start dan melihat kolom Helper Cage di kiri-bawah layar.

>> Kembali ke Daftar Isi <<

Status Toad

MH Rise Sunbreak: Sleeptoad, Paratoad, Blastoad, Poisontoad Endemic Life

Seperti di Monster Hunter World, kamu bisa menemukan sejumlah kodok warna-warni yang dapat menghasilkan efek Status kepada monster.

  • Poisontoad (Ungu): Setelah ditaruh di lantai, akan mengeluarkan asap Poison.
  • Paratoad (Kuning): Setelah ditaruh di lantai, akan mengeluarkan asap Paralysis.
  • Sleeptoad (Biru): Setelah ditaruh di lantai, akan mengeluarkan asap Sleep.
  • Blastoad (Merah): Setelah ditaruh di lantai, akan mengeluarkan ledakan. Monster dijamin jatuh/topple jika terkena ledakannya.

Elemental Beetle

MH Rise Sunbreak: Firebeetle, Mudbeetle, Thunderbeetle, Snowbeetle Endemic Life

Di Monster Hunter Rise, kita bisa memberi Elemental Blight ke monster. Tapi tidak menggunakan senjata elemen, melainkan dengan melempar Beetle ke mereka. Serangan elemen dari monster lain juga akan menghasilkan Blight.

Efek Blight/Beetle tidak bisa stack; jika sudah kena 1 Blight lalu dilempar Beetle lain, maka Blight kedua akan menimpa Blight pertama. Durasi monster mengalami Blight adalah sekitar 30 detik (perlu diperiksa lebih lanjut).

  • Firebeetle (Merah): Mengakibatkan Fireblight ke monster; jadi menerima damage secara terus-menerus dan lebih mudah flinch.
  • Mudbeetle (Biru): Mengakibatkan Waterblight ke monster; serangan kita tidak memantul, meningkatkan Hitzone Value.
  • Thunderbeetle (Kuning): Mengakibatkan Thunderblight ke monster; semua serangan yang mereka terima akan mengakibatkan KO/Stun.
  • Snowbeetle (Putih): Mengakibatkan Iceblight ke monster; gerakan dan animasi serangan jadi lebih lambat.
    • Perlu diingat, kalau kamu sudah hafal gerakan monster, timing mereka bakal ikut berubah (jadi lebih lambat) saat terkena Iceblight.

Stinkmink

Cerpelai berbulu putih. Saat dipakai dan jalan melewati monster, dia akan membuatmu jadi dikejar-kejar monster tersebut. Berguna untuk memancing 1 monster yang kelewatan ke monster sasaran supaya mereka berantem sendiri dan bisa di-mounting/Wyvern Ride.

Wailnard

Burung merak yang saat ditaruh akan memanggil monster lain paling dekat dari Area tempatmu menaruhnya. Berguna untuk memancing 1 monster ke monster sasaran supaya mereka berantem sendiri dan bisa di-mounting/Wyvern Ride.

Escuregot

MH Rise Sunbreak: Escuregot Endemic Life

Seekor siput hijau. Jika digunakan maka akan menghasilkan aura hijau untuk menyembuhkan HP. Fungsinya mirip Herbaceous Healing milik Palico atau Health Booster di Monster Hunter World.

Antidobra

MH Rise Sunbreak: Antidobra Endemic Life

Ular kobra hijau kebiru-biruan. Jika digunakan maka akan menghasilkan aura kebiruan untuk menyembuhkan Status Effect. Untuk Frenzy, hanya akan me-reset bar dan tidak bisa menyembuhkan. Fungsinya mirip Vase of Vitality milik Palico-mu dan Cleanser Booster di Monster Hunter World.

Puppet Spider

Laba-laba kuning yang saat diletakkan akan menembakkan bola benang ke arah monster terdekat. Jika kena benang itu, maka monster akan bisa di-mounting/Wyvern Ride. Meski begitu jika monster masih dalam durasi cooldown Wyvern Ride (sekitar 10 menit sejak di-Ride untuk monster target Quest, mungkin lebih singkat kalau monster non-target) maka mereka akan flinch saja.

Marionette Spider

MH Rise Sunbreak: Endemic Life Marionette Spider

Selain Puppet Spider, expansion Sunbreak menambahkan laba-laba biru Marionette Spider. Saat dilempar, akan muncul benang putih antara kamu dan monster; jika benangnya berwarna merah berarti jarakmu terlalu jauh. Pencet sekali lagi untuk menarik monster ke arahmu. Jika menabrak tembok, maka mereka akan terkena damage dan jatuh/topple (seperti wallbang dengan Clutch Claw di Monster Hunter World: Iceborne).

Perlu diingat, monster hanya akan berlari sebanyak kurang lebih 3-4 langkah. Jika tidak mencapai tembok dalam jarak itu maka mereka tidak akan jatuh. Kalau jarak antara monster dan kamu terlalu jauh atau memakan waktu terlalu sebelum menariknya, maka benang Marionette Spider akan hilang.

Trapbugs

Serangga-serangga berkulit tajam. Jika diinjak monster, mereka akan flinch dan kemudian pergi dari Area. Lumayan berguna untuk membunuh Small Monster juga.

Brewhare

Kelinci berwarna pink yang saat dibawa akan meningkatkan efek item healing HP (Potion, First-Aid Med) dan Stamina (Steak, Ration). Meski begitu, dia akan pergi setelah 10 lewat menit atau secara acak setelah memakai obat. Karena itu kadang Brewhare bisa pergi hanya setelah kamu minum obat sekali atau kadang bisa setelah 5 kali berturut-turut.

Lanternbug

MH Rise Sunbreak: Lanternbug Endemic Life

Serangga berwarna merah-merona yang akan menyerap damage yang kamu terima. Saat diambil akan muncul bar HP merah tambahan di atas HP-mu. Bisa stack sampai maksimal 5 kali, sesuai jumlah maksimal Hunting Helper yang bisa kamu bawa.

Aurortle

Kura-kura aneh berwarna coklat. Memberikan efek Dango Moxie atau Armor Skill Guts, mencegah mati saat menerima damage yang melebihi sisa HP.

Gustcrab

Kepiting ini jika ditaruh akan menghasilkan hembusan angin kuat yang melempar kita ke udara. Lumayan berguna untuk memanjat tempat tinggi.

Permabuffer

Hewan yang memberikan buff permanen selama Quest. Hanya ada satu jenis di kategori ini, Spiribird saja. Kamu bisa melihat jumlah Spiribird yang telah kamu ambil dan besar buff yang mereka berikan dengan membuka menu Start dan melihat kolom Petalace di kiri-bawah layar.

>> Kembali ke Daftar Isi <<

Spiribird

MH Rise Sunbreak: Spiribird Endemic Life

Burung-burung terbang berwarna-warni yang bisa ditemukan di seluruh penjuru peta. Kamu bisa menemukan mereka di tempat-tempat terbuka maupun saat menghancurkan rumput. Mereka memberikan jumlah/besarnya buff sesuai Petalace yang kamu gunakan.

  • Red Spiribird: Menambah Attack.
  • Orange Spiribird: Menambah Defense.
  • Green Spiribird: Menambah HP maksimal.
  • Yellow Spiribird: Menambah Stamina maksimal.
  • Prism Spiribird: Memaksimalkan semua status sesuai Petalace pilihan. Selalu ada di depan Camp di Arena dan lokasi-lokasi kecil seperti Coral Palace, Infernal Spring, dan Forlorn Arena.

Temp Buffer

Hewan-hewan dan serangga yang akan memberikan buff temporer dalam Quest.

>> Kembali ke Daftar Isi <<

Wirebug

MH Rise Sunbreak: Wirebug

[Sumber: Reddit u/Firabanana]

  • Wirebug biasa: Memberikan 1 Wirebug tambahan. Bertahan selama 90 detik.
  • Morphed Wirebug (Sunbreak):
    • Ruby Wirebug: Salah satu Morphed Wirebug yang ditambahkan di Sunbreak. Meningkatkan damage Mounting Punisher Wyvern Ride dan memberikan bonus 15% cooldown Silkbind Move. Bertahan selama 3 menit/180 detik.
    • Gold Wirebug: Salah satu Morphed Wirebug yang ditambahkan di Sunbreak. Menambahkan drop material saat Wyvern Ride dan memberikan bonus 15% cooldown Silkbind Move. Bertahan selama 3 menit/180 detik.

Vigorwasp

Serangga hijau yang saat dipecahkan akan menyembuhkan HP.

Clothfly

Kupu-kupu putih yang saat dipecahkan akan menambah Defense selama beberapa saat.

Butterflame

Kupu-kupu merah yang saat dipecahkan akan menambah 25 Attack selama beberapa saat.

Peepersect

Kupu-kupu kuning kecil yang saat dipecahkan akan mengurangi pemakaian Stamina selama beberapa saat.

Cutterfly

Capung merah yang saat dipecahkan akan menambah Affinity selama beberapa saat.

Lampsquid

MH Rise Sunbreak: Lampsquid Endemic Life

Segerombolan cumi-cumi warna-warni yang bisa ditemukan di Frost Island. Memberi buff saat dilewati.

  • Red Lampsquid: Meningkatkan Affinity selama beberapa saat.
  • Yellow Lampsquid: Meningkatkan Defense selama beberapa saat.
  • Green Lampsquid: Menyembuhkan HP.
  • Golden Lampsquid: Memberi semua buff di atas selama beberapa saat.

Ensnaring Life

Hewan-hewan yang akan mengganggu dan/atau menyerang monster saat diaktifkan.

>> Kembali ke Daftar Isi <<

Flashfly

MH Rise Sunbreak: Endemic Life Flashfly

Kunang-kunang kuning yang saat dipecahkan akan menghasilkan kilatan cahaya seperti Flash Bomb.

Tricktoad

Kodok aneh mirip ikan buntal. Jika diserang dia akan mengeluarkan asap dan menarik perhatian monster.

Pincercrab

Kelomang yang bersarang di dinding-dinding batu Sandy Plains. Akan menembakkan bebatuan ke monster yang mendekati mereka.

Slicercrab

Kelomang yang bersarang di dinding-dinding batu Jungle. Akan menembakkan kristal-kristal ke monster yang mendekati mereka.

Giganha

Ikan-ikan kecil pemakan daging yang hidup di perairan Flooded Forest. Bisa dipancing dengan menaruh Raw Meat atau EZ Meat Bait dari Item Box di Camp; saat muncul akan menghasilkan damage ke monster yang mereka lewati.

Echobat

Kelelawar-kelelawar berkilau merah yang bersarang di Lava Caverns. Mereka akan menempel ke tubuh monster. Jika diserang atau menabrakkan badan monster yang dikelilingi Echobat saat Wyvern Riding, mereka akan meledak dan menghasilkan damage ke monster yang mereka hinggapi.

Starburst Bug

MH Rise Sunbreak: Starburst Bug Endemic Life

Serangga lancip berwarna kebiruan yang bersarang di dinding. Saat ditabrak oleh monster maka mereka akan meledak dan menghasilkan damage. Starburst Bug bisa diberikan Elemen dan menghasilkan Blight jika diserang oleh senjata Elemental (atau kadang suka berubah sendiri).

  • Biru muda: Normal.
  • Merah: Fire.
  • Kuning: Thunder.
  • Putih: Ice.
  • Biru gelap: Water.

Spearsquid

Cumi-cumi yang hidup di perairan cetek pantai-pantai Jungle. Jika melewati monster maka mereka akan menghasilkan damage.

Thornytoad

Kodok berduri yang tinggal di rawa-rawa Citadel. Mereka akan otomatis menempel ke monster yang mendekat, dan saat diserang akan membuat monster tersebut flinch bahkan jatuh/topple.

Lucky Life dan Crafty Creature

>> Kembali ke Daftar Isi <<

Fortune Owl dan Felicicrow (Lucky Life)

MH Rise Sunbreak: Lucky Endemic Life

  • Felicicrow: Burung berwarna biru yang jika diambil akan memberikan bonus 4 material di Quest Reward.
  • Fortune Owl: Burung berwarna kuning yang jika diambil akan memberikan bonus Zenny di Quest Reward.

Lizard (Crafty Creature)

MH Rise Sunbreak: Crafty Creature Endemic Life

Kadal-kadal yang menyimpan batu di punggung mereka. Saat ditendang, mereka akan menjatuhkan 1 item — Armor Sphere atau Ore — lalu kabur. Jika diserang dengan senjata atau dilempar Kunai, mereka bisa total menjatuhkan item sebanyak 3 kali sebelum kabur.

  • Rock Lizard;
  • Boulder Lizard;
  • dan Scale Lizard.

Monster Hunter Rise tersedia di Nintendo Switch pada 26 Maret 2021, versi PC-nya menyusul di 12 Januari 2022. Expansion Sunbreak rilis di PC via Steam dan Nintendo Switch pada 30 Juni 2022.

https://i0.wp.com/stoplayingame.com/wp-content/uploads/2022/08/endemiclife-mhrise-10.jpg?fit=800%2C800&ssl=1https://i0.wp.com/stoplayingame.com/wp-content/uploads/2022/08/endemiclife-mhrise-10.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Unit076NintendoPanduanPCMonster Hunter,Nintendo Switch,SteamMonster Hunter Rise: Sunbreak mengutamakan mobilitas dan penjelajahan tidak hanya dengan Wirebug, tapi juga beragam makhluk yang dapat membantumu berburu dengan memberikan buff atau menyerang monster: para Endemic Life. Berikut daftar Endemic Life yang akan kamu temukan di semua peta Monster Hunter Rise: Sunbreak serta fungsi mereka. Daftar Isi: Hunting...and get a life!