MHW Iceborne: Daftar Mod Esensial header

Artikel terakhir dalam serial panduan Monster Hunter World: Iceborne ini membahas modifikasi gim alias mod yang wajib kamu instal untuk membuat pengalaman bermain menjadi lebih asik — mod-mod bersifat cheat, perubahan penampilan semata, atau fan-made balancing yang mengubah cara kerja mekanisme gim tidak akan saya tambahkan ke artikel ini (walau mungkin akan saya bahas di kesempatan lain kalau ada niat). Tentunya mod-mod ini hanya ada dan berlaku untuk MHW dan Iceborne versi PC. Jangan lupa Cek Daftar Isi untuk daftar lengkap artikel-artikel panduan MHW Iceborne.

Daftar Isi:

Spoiler

 

1. MHW – ReShade Injector Helper

MHW Iceborne ReShade

Injector visual ReShade dibuat tidak bisa mengakses Monster Hunter World oleh Capcom di patch 15.10.00. Developer ReShade kemudian “hanya” memberikan solusi (yang kurang sederhana) untuk mem-bypass masalah ini. Untungnya, modder sudah membuat alat untuk mempermudah proses injeksi ReShade.

Saya sendiri coba mengutak-ngatiknya secara manual (karena sok tahu) dan hasilnya lumayan mengingat saya hanya mengincar sedikit kontras, seperti yang bisa dilihat di atas. Kalau kamu malas atau kesulitan mengoptimasi performa-visual, kamu bisa menemukan berbagai preset ReShade di Nexus Mods. Berikut yang menurut saya kelihatan oke:

Unduh MHW – ReShade Injector Helper

2. Stracker’s Loader

Semua mod Monster Hunter World dan Iceborne membutuhkan Stracker’s Loader agar konten-konten yang dimasukkan ke folder nativePC bisa diproses oleh gimnya sendiri. Jadi mod yang satu ini wajib kamu instal kalau ingin mainan mod.

Cara instalasinya tidak sulit:

  1. Instal Visual C++ Redistributable versi x64 dan x86 terlebih dahulu (https://support.microsoft.com/en-us/help/2977003/the-latest-supported-visual-c-downloads);
  2. Unduh Stracker’s Loader di bawah;
  3. Ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu. Buat yang pakai Steam, kalau bingung tinggal:
    1. Klik kanan;
    2. Pilih Properties;
    3. Klik menu Local Files;
    4. Klik tombol Browse…
  4. Sekarang harusnya kamu punya folder nativePC serta file dtdata.dll, hid.dll, loader.dll, dan loader-config.json di folder yang sama dengan MonsterHunterWorld.exe.

Unduh Stracker’s Loader

3. Performance Booster and Plugin Extender

Memangkas CRC Code yang tidak diperlukan dalam gim supaya performanya jadi lebih lancar. Cukup unduh dan ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu (atau ambil file-file dari folder nativePC dan masukkan ke nativePC di folder instalasi Monster Hunter World).

Unduh Performance Booster and Plugin Extender

4. Drum Restoration Project – Iceborne Edition

Mod satu ini memasukkan perkusi dari musik saat Mounting ke musik pertempuran biasa biar lebih heboh. Sangat terasa untuk Rotten Vale dan Guiding Lands. Cukup unduh dan ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu (atau ambil file-file dari folder nativePC dan masukkan ke nativePC di folder instalasi Monster Hunter World).

Unduh Drum Restoration Project – Iceborne Edition

5. Blood efx

MHW Iceborne Blood efx mod

Sebenarnya efek darah saat melukai hitzone monster ada di Monster Hunter World, hanya saja nyaris tidak kelihatan dan cuma tampak cukup jelas saat kamu Mounting Small Gold Crown dari Event Quest. Nah, untuk membuat efek darahnya jadi kelihatan seperti di gim-gim lama, unduh mod yang satu ini. Mod Blood efx menyediakan 2 jenis efek darah: Splatter (cipratan), Mist (kabut merah), dan Mix (campur), jadi kamu bisa memilih versi mana yang menurutmu kelihatan lebih oke.

Cukup unduh salah satu efek darah dan ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu (atau ambil file-file dari folder nativePC dan masukkan ke nativePC di folder instalasi Monster Hunter World).

Unduh Blood efx

6. Guiding Lands Gathering Indicator

MHW Iceborne Guiding Lands icon mod

Grinding level Region dan farming material Guiding Lands sudah cukup menyebalkan, entah kenapa Capcom membuat lokasi-lokasi Mining dan Bonepile tidak tampak di peta. Gunakan mod ini supaya ikon titik Mining dan Bonepile muncul di peta.

Cukup unduh dan ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu (atau ambil file-file dari folder nativePC dan masukkan ke nativePC di folder instalasi Monster Hunter World).

Unduh Guiding Lands Gathering Indicator

7. Natural Bone (and Crystal)

MHW Iceborne Guiding Lands gathering mod

Selain ikonnya tidak muncul warna titik Mining dan Bonepile (terutama tumpukan-tumpukan tulang Bonepile) suka kelihatan nyaru/tercampur dengan warna tekstur tanah, batu, dan objek lainnya. Mod satu ini membuat mereka tampak jauh lebih kentara tapi tidak merusak visual gim. Cukup unduh dan ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu (atau ambil file-file dari folder nativePC dan masukkan ke nativePC di folder instalasi Monster Hunter World).

Unduh Natural Bone (and Crystal)

8. Souvenir’s Light Pillar / Dropped Items efx

MHW Iceborne shiny mod

Berbeda dengan gim-gim Monster Hunter lawas yang drop Shiny-nya tampak kontras dengan tekstur tanah low-resolution, di World para Shiny suka susah kelihatan. Iceborne memang sudah menambahkan particle effect supaya Shiny kelihatan sedikit lebih jelas, tapi di lokasi-lokasi dengan tanah berwarna putih seperti Hoarfrost Reach atau beberapa tempat tertentu di Coral Highlands, efeknya masih kurang membantu.

Kedua mod ini meningkatkan kekuatan particle effect supaya lokasi drop Shiny tampak jauh lebih jelas. Jika kamu ingin kerucut cahaya warna-warni saja, gunakan Souvenir’s Light Pillar. Tapi kalau mau efek yang lebih stylish, gunakan Dropped Items efx. Seperti biasa, cukup unduh dan ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu (atau ambil file-file dari folder nativePC dan masukkan ke nativePC di folder instalasi Monster Hunter World).

Unduh Souvenir’s Light Pillar

Unduh Dropped Items efx

9. Extra NPCs in Astera Gathering Hub

MHW Iceborne Astera NPC mod

Buat yang masih betah main Monster Hunter World versi standar atau sekadar bernaung di Astera, ada baiknya menginstal mod satu ini untuk menambah NPC-NPC penting di Gathering Hub Astera: Vendor, Smithy, Resource Center, Sailor (Botanist + Argosy), Tailraider Safari, dan Researcher. Sayangnya Elder Melder tidak berfungsi. Mod ini tetap bisa digunakan saat bermain online/daring; pemain lain yang tidak menginstalnya tidak akan melihat para NPC tambahan dan hanya akan melihatmu berdiri saja di tempat-tempat mereka.

Seperti biasa, cukup unduh dan ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu (atau ambil file-file dari folder nativePC dan masukkan ke nativePC di folder instalasi Monster Hunter World).

Unduh Extra NPCs in Astera Gathering Hub

10. Skippable Cutscene

Bawaan dari sistem lama (coba saja main Monster Hunter lama, hampir semuanya juga tidak bisa di-skip), tapi cutscene-cutscene di World kadang terlalu panjang. Lumayan menyebalkan kalau kamu sudah pernah menontonnya. Gunakan mod ini kalau kamu tidak mau menonton cutscene-cutscene tersebut. Perlu diingat, cutscene “The Best Kind of Quest” Assigned Quest jangan di-skip kalau tidak ingin gerobak Researcher menyangkut dan membuatmu malah tidak bisa melanjutkan Quest.

Cukup unduh dan ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu (atau ambil file-file dari folder nativePC dan masukkan ke nativePC di folder instalasi Monster Hunter World).

Unduh Skippable Cutscene

11. (Almost) Tradable Everything To Other Players

Amat berguna buat kalian yang sedang meng-gb teman-teman atau pemain baru. Beli material yang dibutuhkan dari Shop (beli ke Item Pouch jangan Item Box) dan tinggal berikan ke teman-temanmu. Sayangnya Decoration tidak bisa di-trade. File shopList.slt bawaan dari mod ini hanya mengubah daftar Shop menjadi material Mantle langka dan Ticket-Ticket Master Rank.

Cukup unduh dan ekstrak ZIP-nya di folder instalasi Monster Hunter World-mu (atau ambil file-file dari folder nativePC dan masukkan ke nativePC di folder instalasi Monster Hunter World).

Unduh (Almost) Tradable Everything To Other Players

12. Sorted Shop (All items)

MHW Iceborne Item Mod

Nah, kalau kamu perlu memberikan material-material lainnya (misal material Low Rank dan High Rank) saat meng-gb teman-temanmu, kamu bakal perlu file shopList.slt dari mod yang satu ini.

Kekurangan terbesarnya (lebih tepatnya memang masalah teknis dari gimnya sendiri), Monster Hunter World hanya bisa menyajikan 255 Item di toko. Jadi kamu bakal perlu menukar-nukar file shopList.slt untuk mencari material/Item yang kamu butuhkan. Untungnya, modder Croxa sudah menyajikan daftar 12 shopList.slt yang dipisah-pisah berdasarkan kebutuhan dan/atau Rank. Cukup hapus sebagian nama file-nya (misal shopList_HighRank.slt) jadi shopList.slt dan masukkan ke folder Monster Hunter World\nativePC\common\facility.

Unduh Sorted Shop (All items)

13. RegionSet

Screenshot mod RegionSet MHW
Screenshot: StoPlayinGame.com

Berburu di Guiding Lands sebenarnya asik-asik saja, tapi yang membuat grinding-nya menyebalkan adalah menu Adjust Region Level-nya. Di situ kita cuma bisa menurunkan Level dan tidak bisa menaikkannya meskipun kita sudah pernah memaksimalkan 1 atau lebih Region. Untungnya Stracker membuat mod yang memungkinkan hal tersebut.

Selama kamu sudah pernah menaikkan Level Region tertentu, kamu bisa menaikkan maupun menurunkan Level-nya sesuka hati sesuai Level terakhir Region tersebut.

Unduh Sorted Shop (All items)

Monster Hunter World dan expansion Iceborne tersedia di PS4, Xbox One, dan PC lewat Steam.

https://i2.wp.com/stoplayingame.com/wp-content/uploads/2022/02/mhw-mod-07.jpg?fit=800%2C800&ssl=1https://i2.wp.com/stoplayingame.com/wp-content/uploads/2022/02/mhw-mod-07.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Unit076MicrosoftPanduanPCSonyMHW,Monster Hunter,PC,SteamArtikel terakhir dalam serial panduan Monster Hunter World: Iceborne ini membahas modifikasi gim alias mod yang wajib kamu instal untuk membuat pengalaman bermain menjadi lebih asik -- mod-mod bersifat cheat, perubahan penampilan semata, atau fan-made balancing yang mengubah cara kerja mekanisme gim tidak akan saya tambahkan ke artikel ini...and get a life!