Artikel disadur dari wawancara produser serial THE iDOLM@STER Youzou Sakagami dengan situs Gendai Business terbitan 12/03/2021 berjudul asli 15周年『アイドルマスター』の総合Pが語る「愛され続ける」理由. Wawancara dan naskah asli oleh Yoshiro Imagawa dan foto oleh Kazuki Miura. Seperti biasa, teks merupakan terjemahan yang masih dibantu dengan machine translation dan kemampuan mengira-ngira. Jadi kalau ada kritik dan saran silakan tinggalkan komentar.

SakagamiP Ultah iDOLM@STER Ke-15 - Gendai Business
foto oleh Kazuki Miura – gendai.ismedia.jp/articles/-/78730

Perayaan 15 Tahun『iDOLM@STER』P Serial Ini Membicarakan Alasan “Terus Dicintai”

Hobi dan kesukaan SakagamiP, lalu yang ada di dalam kepalanya…

Tahun 2005, bermula sebagai gim arcade untuk game center, serial『iDOLM@STER(selanjutnya disingkat jadi, AIMASU)』pada tahun lalu bulan Juli menyambut perayaan ultah ke-15.

Hingga saat ini, dengan 5 brand memiliki lebih dari 300 orang Idol, tidak hanya gim, anime TV, live stream, live event, dan lain-lain, pengembangannya meluas. Tahun fiskal 2019 perkiraan total penjualan produk-produk yang berkaitan dengan serial dan layanan sekitar JP¥60.000.000.000 (termasuk rekan bisnis) dikatakan telah berkembang menjadi konten yang besar。

Pada Januari, CEO Tesla Elon Musk mem-post gambar Sachiko Koshimizu di Twitter, hal yang meramaikan dunia ini masih segar diingatan.

Mengapa, selama ini terus-menerus didukung menyebrangi seluruh dunia? Kami menanyakan alasan “terus dicintai” kepada produser umum serial「AIMASU」Youzou Sakagami (SakagamiP).

Terus Mengejar Perubahan akan “Kemudahan”

Ultah iDOLM@STER Ke-15

――Pertama-tama, di ultah ke-15「AIMASU」, apa hal yang paling penting menurut Anda?

SakagamiP: Bermula sebagai gim arcade, pengembangan ke gim rumahan, selanjutnya social game, ke appli game… Untuk ulang tahun ke-15 ini,「AIMASU」secara konstan terus berubah. Meski begitu, konsep fundamental “gim memproduksi Idol yang bisa dinikmati dengan mudah oleh pelanggan” tidak berubah.

Contohnya, ketika pengembangan gim rumahan dimulai, demi memikirkan “bagaimana kami bisa menjualnya” diimplementasikan kuesioner untuk menyelidiki hal tersebut. Alasan terbesar jawaban orang-orang yang mengatakan “meski tertarik, saya tidak beli” adalah, “tidak ada waktu” dan “tidak punya uang”.

Maka, bagaimana sebaiknya memainkannya jika tidak punya uang dan waktu? Hasil setelah dipikirkan dengan saksama, kami mengumumkan social game yang bisa dinikmati dengan lebih santai.

Kami secara konstan menjelajah [ide], berubah bentuk untuk mengikuti perubahan masa, dan menyampaikan pesan. Berkat hal itu, saya merasa sampai 15 tahun pun dapat berlanjut. Tapi yang paling penting, 「AIMASU」berutang segalanya kepada para Produser-san yang mencintainya.

Hubungan “Fana dan Terbatas” P dan Idol

SakagamiP Ultah iDOLM@STER Ke-15 - Gendai Business

――Seperti halnya perubahan tren di masyarakat, dalam idol pun ada tren, bukan. Berjalan selama 15 tahun, adakah kekhawatiran akan renggang waktu tersebut?

SakagamiP: Saya rasa, yang disebut masa waktu suatu tren adalah sekitar tiap 3-4 tahun. Soal tren, saya mendapat kesan kesadaran orang muda berubah. Karena itu, agar mengikuti zaman, kami juga memikirkan moral para karakter gadis.

Contohnya, membicarakan「AIMASU」, sampai sekarang “gadis riang, optimis, dan penuh semangat” berdiri sebagai representasi para Idol di brand ini. Namun, dalam brand terbaru『iDOLM@STER Shiny Colors』, [karakter] yang disebut Mano Sakuragi, kalau saya harus bilang gadis yang pendiam dan patuh, menjadi representatif, menyenangkan melihat gadis semacam itu tumbuh dewasa.

Belakangan ini, saya merasa “sudah tidak ada gadis riang, penuh semangat, dan jiwa membara ya,” dan ada kecenderungan kuat untuk mencari realitas tersebut. Terutama untuk AIMASU, karena penting [untuk menyajikan gambaran] “gadis sehari-hari”

Kami meluncurkan 5 brand pun, merupakan buah dari mengikuti perubahan zaman.

――Begitu, ya. Mengaggumkan memikirkan bagian dalam para gadis dengan rumit sampai sekarang. Meski begitu Sakagami-san, apakah dari dulu menyukai idol?

SakagamiP: Saya kurang begitu tertarik dengan hal itu. Kalau saya harus bilang, saya merupakan orang yang realistis. Daripada Idol di dunia nun jauh di sana, saya lebih suka gadis-gadis di kelas (tertawa).

Saya suka girl band Amerika yang aktif pada tahun ’70-an, The Runaway Girls. Mereka band rock yang menjual keekstriman. Yang menyanyi dan menari, yang disebut sebagai “idol klasik”, saya tidak begitu terpapar dengan mereka. Saya tidak begitu tertarik dengan [idol] “kawaii“.

Di sisi lain, saya anak yang sering membaca manga, Touch, Miyuki, dan lain-lain karya Adachi Mitsuru-sensei, sangat suka. Saya rasa yang membuat kisah masa muda menarik, adanya batasan periode waktu yang digambarkan [melalui karya tersebut].

Menyaksikan Tatsuya dan Minami [karakter Touch] yang menjaga jarak, membuat kesal, tapi timbul perasaan fana, “bagus kalau hubungan ini bisa berlanjut selamanya”, bukan? Pada akhirnya, keduanya lulus SMA lalu menempuh jalan hidup masing-masing. Para pembaca pun bisa memprediksi hal tersebut, karena itu masa muda keduanya bersinar terang, tapi hal itu tidak pernah digambarkan.

Dalam 「AIMASU」, hubungan pemain dan idol sangat terbatas. Pemain bermain sebagai produser, dengan rekan Idol. Diri sendiri menjadikan Top Idol sebagai misi, dan yang di seberang harus menjadi Top Idol. Karena tujuan kedua pihak selaras, sampai [permainan] berakhir hanya hubungan bisnis saja.

Saat pertama kali memainkan「AIMASU」versi arcade, saya dapat merasakan dengan kuat perasaan fana tersebut. Hubungan tersebut, mungkin adalah perasaan “suka/cinta” bagi saya.

SakagamiP yang Ternyata adalah Ketua OSIS

SakagamiP Ultah iDOLM@STER Ke-15 - Gendai Business

――Sakagami-san sendiri, bagaimana menghabiskan masa mudanya?

SakagamiP: Di sekolah negeri yang biasa-biasa saja, setiap hari hanya pergi menonton film. Karena itu, saya tidak memiliki masa muda seperti yang digambarkan anime dan manga (tertawa).

Di tahun kedua SMA, setelah mengalami banyak hal, saya memutuskan untuk menjadi ketua OSIS. Kemudian, secara tidak terduga terpilih.

Menjadi ketua OSIS itu melelahkan, ya. Di SMA yang menyerahkan administrasi pada siswa, mengatur festival sekolah, memutuskan anggaran kegiatan klub, sampai membeli atau tidak bola baru untuk tim baseball, karena semua diputuskan OSIS, ada segunung pekerjaan.

――Seperti Produser, ya. Saat ini, seluruh serial「AIMASU」diawasi [Anda] selaku produser umum, tapi mungkin dari awal Anda memiliki karakter tersebut.

SakagamiP: Hmmm, sulit mengatakan apakah saya punya karakter itu, tapi saya rasa ada bagian itu yang hidup [dalam diri saya]. Menjadi anggota OSIS, dalam setahun hal yang paling memutar otak adalah festival sekolah. Waktu persiapan festival sekolah, merupakan saat saya paling menggunakan otak dalam hidup saya.

Contohnya, karena tiap kelas memiliki acara yang berbeda, jadi dibutuhkan jumlah meja yang berbeda. Tentunya, meja dalam kelas harus dipindahkan, tapi setiap tahun sepertinya mengakibatkan macet di koridor. Saya jadi ingat kenangan semalaman memikirkan peta jalur sampai selesai, memindahkan meja dari mana secara sempurna dengan baik.

Perihal produser umum, posisimu ada untuk memandu dan mengatur keseluruhan kemajuan proyek, tapi harus menyadari pentingnya sampai sejauh mana kemampuan, sampai sejauh mana ketidakmampuanmu. “Sejauh ini bisa dicapai dengan berjuang dan menggunakan akal sekuat tenaga”, kurasa hal itu merupakan hal penting yang saya rasakan secara langsung bekerja sebagai ketua OSIS.

――Oleh para Produser, katanya Anda dipanggil “Mesum” atau “Jentelmen Mesum”, ya.

SakagamiP: Saya ingat disalah pahami pertama kalinya, pada awalnya saat saya mengajukan kostum anak TK sebagai baju unik Idol di dalam gim, niatan saya tidak tersampaikan dengan baik. Karena saya menyukai [grup lawak] Drift, rencananya seperti penampilan Drift sebagai anak TK di panggung. Sebanyak apapun saya menjelaskan, semuanya sudah terlanjur kejadian (tertawa).

Namun, saya pikir sepertinya dijadikan panggilan akrab saja. Bagaikan panggilan kabuki, “Yo, Narita-ya!”. Setidaknya, itu yang saya lihat (tertawa).

“Hub” yang Menghubungkan Idol dan Produser

――Mengenai malapetaka Corona pada tahun 2020 saya pikir banyak hal tidak berjalan seperti yang diharapkan. Tahun 2021 ini bagaimana Anda memikirkan cara memandu「AIMASU」?

SakagamiP: Mengadakan konser musik langsung tempat orang-orang berkumpul menjadi sulit, tapi melalui distribusi video dan lain-lain mulai sekarang pun kami ingin menyajikan konten yang “dengan mudah” dinikmati oleh para Produser-san.

Dirilis bulan Januari, 『iDOLM@STER POP LINKS (POPUMAS)』adalah gim orisinal soal mendidik unit Idol dan live puzzle. App game memiliki banyak tantangan dalam gimnya, di malam hari, usai sekolah atau kantor banyak Produser-san yang memainkannya. Maka, memikirkan kembali ke asal-muasal dengan POPUMAS, kami menargetkan “mudah dimainkan untuk orang yang tidak punya waktu bermain”.

Dalam gim ini, 5 brand Idol tampil bersama. Selama 15 tahun terakhir, dari seluruh 5 brand lebih dari 300 orang terbentuk, tiap Idol diberikan orang yang bertanggung jawab (Produser), tapi sangat sulit memperlakukan semua Idol dengan setara.

Ditambah, tidak sedikit Produser yang meski memainkan『iDOLM@STER Shiny Colors』, tapi tidak begitu akrab dengan『iDOLM@STER Cinderella Girls』generasi awal-awal.

Dengan 『POPLINKS』, kami berharap dapat mengurangi aspek tersebut. Semua anggota belum masuk, tapi kami ingin menambahkan Idol lagi sesuai kebutuhan. Produk terbaru gim rumahan yang rencananya akan rilis dalam waktu dekat『iDOLM@STER Starlit Season (SUTAMASU)』juga menceritakan para Idol dari 4 brand membentuk grup yang menembus batas, kami harap kalian menantikannya.

Saya selaku P[roduser] umum, ingin menjadi seperti sebuah hub yang mengisi jarak para Idol dengan “Produser”, serta jarak antara brand.

――Terakhir, 15 tahun setelah lahirnya AIMASU, apakah ada hal yang belum dilakukan?

SakagamiP: Setiap hari hanya ada hal yang menyenangkan, sama sekali tidak membosankan. Mungkin perasaan ini dekat/mirip dengan guru sekolah. Tiap kali meluncurkan brand baru, datang murid baru, rasanya seperti tiap tahun muncul masalah baru, ya (tertawa). Semakin lama kamu mengurus mereka, semakin lucu mereka.

Namun, karena terus-menerus ada tantangan baru, saya merasa kuat hal ini layak dilakukan. Perihal pekerjaan memproduksi, tidak ada yang namanya “selesai sampai di sini” karena tidak ada tujuan akhir yang tampak jelas.

https://i1.wp.com/stoplayingame.com/wp-content/uploads/2021/09/sakagami-aimasu15-gendai-03.jpg?fit=800%2C800&ssl=1https://i1.wp.com/stoplayingame.com/wp-content/uploads/2021/09/sakagami-aimasu15-gendai-03.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Unit076BeritaArcadeMicrosoftSonyterjemahan,THE iDOLM@STERArtikel disadur dari wawancara produser serial THE iDOLM@STER Youzou Sakagami dengan situs Gendai Business terbitan 12/03/2021 berjudul asli 15周年『アイドルマスター』の総合Pが語る「愛され続ける」理由. Wawancara dan naskah asli oleh Yoshiro Imagawa dan foto oleh Kazuki Miura. Seperti biasa, teks merupakan terjemahan yang masih dibantu dengan machine translation dan kemampuan mengira-ngira. Jadi kalau ada kritik...and get a life!