StoPlayinGame bermula dari sebuah blog gratisan yang dibuat pada September 2008 silam di domain stoplayingame.wordpress.com, karena dulu belum banyak situs yang membahas soal gim dalam bahasa Indonesia. Kami sempat cukup aktif menulis — sampai ketika sekitar tahun 2011 kami ‘berusaha’ beralih ke domain .com milik sendiri. StoPlayinGame akhirnya malah hiatus selama beberapa tahun, meregang nyawa di tahun 2016, lalu kembali koma.

Pada masa-masa 8 tahun hidup-segan-mati-tak-mau itu berjamur pula situs-situs gim yang jauh lebih serius dan berdedikasi (dan mampu membayar pasukan) yang mampu menelurkan kabar-kabar terbaru secara non-stop. Akhirnya daripada melawan para raksasa traffic dalam dan luar negeri, kami memutuskan untuk mengubah jalur ke pembahasan-pembahasan atau artikel opini yang in-depth.

Nama “StoPlayinGame” sendiri digunakan karena admin ingin nama blog yang mengandung unsur ironi. Tadinya akan diberi nama “Get a Life!” namun karena ternyata sudah ada blog yang menggunakan nama tersebut, akhirnya nama StoPlayinGame yang lebih catchy pun digunakan dan Get a Life diturunkan pangkatnya menjadi tagline bagi blog ini.

Petunjuk Penilaian Ulasan Gim

Review itu subjektif. Kesukaan seseorang terhadap genre/franchise tertentu, walaupun secara tidak sadar, dapat mempengaruhi bagaimana dia menilai suatu game. Skor yang kami gunakan hanyalah sebagai patokan penilaian pribadi kami semata.

After all, kita semua punya selera yang berbeda-beda dan hanya Anda sendiri yang bisa menentukan apakah suatu game itu layak main apa tidak.

1/4 = Tidak Layak – Semua hal yang berusaha untuk ditawarkan sangatlah menyedihkan. Tidak perlu sampai membuang-buang waktu dan uang yang jauh lebih berharga hanya untuk pengalaman yang satu ini.

2/4 = Layak Main – Ada yang tidak beres dalam proses pembuatannya. Ada upaya untuk membuat pemain lekat dengan layar, tetapi kualitas keseluruhannya mengecewakan. Jika penasaran, sebaiknya ‘jangan keluar uang’ buat sekadar mencicipinya.

3/4 = Layak Beli – Terasa lemah di beberapa bagian, entah dari faktor gameplay, visual, maupun cerita. Namun sebagian besar fitur bekerja dengan baik dan gimnya sendiri bisa dinikmati. Tidak ada salahnya mengeluarkan uang — baik saat harga normal atau diskon — demi judul dengan skor ini.

4/4 = Harus Beli – Contoh yang bagus dalam mendefinisikan suatu genre, gim yang mendapat skor ini kurang-lebih adalah game paling “sempurna” yang bisa Anda dapatkan untuk genre tersebut. Sangat direkomendasikan.

Tempat Nongkrong Lain

Selain disini, Anda semua juga bisa mengontak kami lewat akun atau page: