Apa dan Kenapa StoPlayinGame?

Termaterialisasi pada September 2008, StoPlayinGame mulanya merupakan blog kecil-kecilan yang membahas soal video game di WordPress.com. Diurus seorang diri oleh Sidharta hingga akhirnya berkembang sedikit dengan dibantu oleh empat orang temannya: Triadana, Habibie, Reza, dan Darma, dan menjadi full-fledged website seperti sekarang. (Yang mana masih “agak” kekurangan sumber daya, jujur saja)

Nama “StoPlayinGame” sendiri digunakan karena admin ingin nama blog yang mengandung unsur ironi. Tadinya akan diberi nama “Get a Life!” namun karena ternyata sudah ada blog yang menggunakan nama tersebut, akhirnya nama StoPlayinGame yang lebih catchy pun digunakan dan Get a Life diturunkan pangkatnya menjadi tagline bagi blog ini.

Walaupun kedengarannya sepele, tapi sebenarnya butuh waktu yang tidak sebentar untuk “menemukan” nama StoPlayinGame!

Kategori

Artikel-artikel di StoPlayinGame dibagi kedalam dua halaman utama, Game dan Hobby. Sesuai namanya, halaman Game akan berisikan berita-berita yang berhubungan dengan gaming. Sementara dihalaman Hobby diisi oleh berbagai macam berita lain seperti film, musik, acara TV, gadget hingga IPTEK.

Selain halaman, tiap jenis artikel juga dikategorikan ke tujuh kategori berbeda:

  • Berita: Sebagian besar artikel kami akan masuk kesini. Because, well y’know, news.
  • Editorial: Digunakan untuk artikel dimana kami mengutarakan uneg-uneg kami secara personal.
  • Review: Artikel mengenai ulasan-ulasan atau hands-on dan demo.
  • Event: Jika kami mengunjungi atau ada pengumuman untuk suatu acara maka kami akan menggunakan kategori ini.
  • Diskon: Artikel wajib buat yang suka beli barang-barang original. Kami akan menulis artikel ini jika kami menemukan diskon.
  • Mod: Berita soal otak-atik hardware maupun software akan masuk kedalam kategori Modifikasi.
  • Lowongan: Kalau entah bagaimana kami menemukan lowongan kerja, dengan senang hati kami akan berbagi dengan Anda semua melalui kategori ini.

Petunjuk Penilaian Review

Review itu subjektif. Kesukaan seseorang terhadap genre/franchise tertentu, walaupun secara tidak sadar, dapat mempengaruhi bagaimana dia menilai suatu game. Skor yang kami gunakan hanyalah sebagai patokan penilaian kami. Jadi hanya lihat skor dan review kami sebagai opini seseorang mengenai suatu game, jangan gunakan itu sebagai alasan kenapa Anda menyukai/membenci suatu game. After all, kita semua punya selera yang berbeda-beda dan hanya Anda sendiri yang bisa menentukan apakah suatu game itu layak main apa tidak.

1/5 = Derita – Semua hal yang berusaha untuk ditawarkan sangatlah menyedihkan. Tidak perlu sampai membuang-buang waktu dan uang yang jauh lebih berharga hanya untuk pengalaman yang satu ini.

2/5 = Cemen – Ada yang tidak beres dalam proses pembuatannya. Beberapa bagian seperti mencoba untuk membuat pemain lekat dengan layar, tetapi kualitas keseluruhannya mengecewakan.

3/5 = Biasa – Mungkin memiliki premis dan ide yang menarik atau sedikit perbaikan di beberapa aspek dapat membuatnya lebih solid, tapi secara keseluruhan game ini nggak jelek tapi juga nggak bisa dibilang bagus.

4/5 = Asik – Terasa lemah di beberapa bagian, entah dari faktor gameplay, visual, maupun cerita. Namun sebagian besar fitur bekerja dengan baik dan game-nya sendiri bisa dinikmati.

5/5 = Super Sekali – Contoh yang bagus dalam mendefinisikan suatu genre, game yang mendapat skor ini kurang-lebih adalah game paling “sempurna” yang bisa Anda dapatkan untuk genre tersebut.

Format review dan skor ini juga akan digunakan untuk artikel-artikel review lain seperti review film, buku, dan yang lainnya dengan perubahan seperlunya.

Tempat Nongkrong Lain

Selain disini, Anda semua juga bisa mengontak kami lewat akun atau page: