1/4 = (3 Jam Story Mode)

KickBeat merupakan upaya pencipta serial Pinball FX dan Castle Storm menyajikan gim Rhythm ‘inovatif’ bertema kung fu yang sayangnya tidak ‘nendang’.
Rilis:
3 September 2013 (PS3, PS Vita)
20 Januari 2014 (PC)
16 September 2014 (PS4, Wii U)
26 September 2014 (Xbox One)
Platform:
PS3, PS Vita, PS4, Xbox One, Wii U, PC (Steam)
Kooperatif:
Tidak
PVP:
Tidak

KickBeat merupakan upaya Zen Studios, terkenal akan serial Pinball FX dan Castle Storm, menyajikan gim Rhythm ‘inovatif’ bertema kung fu yang sayangnya sama sekali tidak ‘nendang’.

Story Mode yang Tidak Penting

KickBeat header

Bersama dengan tema unik tersebut KickBeat menyediakan 24 musik sepanjang Story Mode dengan cerita yang bisa dibilang menggelitik tapi sangat mudah dilupakan. Seorang bos penjahat mencuri semua lagu di dunia dan Lee sang Chosen One dari perguruan kung fu harus membebaskannya. Bahkan mengesampingkan segi cerita yang luar biasa hambar ada beberapa masalah di bagian ini:

  1. Pertama, pilihan 24 musiknya kurang variatif; antara lagu rock atau elektronik/dance saja. Ditambah lagu-lagu tersebut terkesan diputar secara acak saja sepanjang Story Mode padahal dalam ceritanya Lee bertualang ke beberapa lokasi berbeda di dunia macam kelab malam di Paris dan pemandian klasik mewah Istanbul, seharusnya pilihan lagu bisa disesuaikan dengan lokasinya.
  2. Kedua, walau usai menamatkan bagian Lee Story Mode masih berlanjut ke cerita karakter lain bernama Mei, kamu bakal dipaksa kembali mengulang pilihan lagu dan urutan lokasi yang persis sama seperti sebelumnya — termasuk melawan bos-bos yang sama pula! Sama sekali terasa maksa dari sisi plot. Keberadaan beragam kostum yang bisa kamu buka sama sekali tidak membantu meringankan bebanmu dalam mengulang semua skenario membosankan itu.

Amat disayangkan, ulasan ini bukan ulasan “ada baik, ada buruk”. Komplain saya masih berlanjut ke…

Mekanisme yang Kacau-Balau

KickBeat header

Meski layar kerap tampak penuh efek dan grafis, gim-gim Rhythm mengutamakan presisi ritme lagu. Akan tetapi kerap kali tombol-tombol yang muncul terasa kurang sesuai dengan irama lagu yang menyertainya sehingga kamu bakal lebih mengandalkan petunjuk visual (entah itu panduan tombol maupun arah/jenis musuh apa yang mendekati bagian tengah layar tempat Lee/Mei berada).

Nah di sini masalah terbesar gim ini sebagai gim Rhythm muncul. Tampilan layar kelihatan luar biasa ramai sampai-sampai sulit sekali melihat petunjuk visual apa yang harus kamu pencet serta merusak timing internalmu sendiri.

Screenshot KickBeat
Apa perlu ada orang mental yang ngalangin layar segala?

Zen Studios nampaknya berusaha mengatasi masalah itu dengan membuat tiap musuh mempunyai warna dan bentuk berbeda. Sederhananya, kuning untuk pencet sekali biasa, biru untuk menyiapkanmu segera memencet 2 tombol berbeda, merah berarti harus 2 tombol bersamaan, dan garis-garis di tengah 2 musuh tandanya tombol harus kamu tahan. Namun keramaian visual tetap membuat perbedaan tersebut kadang susah kamu sadari.

Kamu bisa memasukkan lagu-lagu favoritmu ke dalam KickBeat, tapi selain mereka tidak mengonversi track dari beat lagumu secara otomatis, kamu perlu memasukkan BPM secara manual kamu juga tidak bisa membuat custom track sendiri. Orang yang kurang peka soal musik (seperti saya) bakal kesulitan menentukan BPM sementara orang yang protes tracking ritme gim ini kurang pas bakal tidak puas pula.

Akhir Kata

KickBeat header

Secara keseluruhan KickBeat merupakan pengalaman gim Rhythm yang luar biasa kurang memuaskan. Walau jujur saya sendiri bukan ahli buat genre semacam ini tapi saya sama sekali tidak menyarankan judul kali ini bagi kamu yang ingin sekadar mencicipi maupun penggemar berat gim Rhythm.

KickBeat | Steam – Rp89.999

http://stoplayingame.com/wp-content/uploads/2020/07/kickbeat-05.jpghttp://stoplayingame.com/wp-content/uploads/2020/07/kickbeat-05-150x150.jpgUnit076MicrosoftNintendoPCReviewSonyPS4,PSVita,Steam,Wii U,Xbox One1/4 = (3 Jam Story Mode)KickBeat merupakan upaya pencipta serial Pinball FX dan Castle Storm menyajikan gim Rhythm 'inovatif' bertema kung fu yang sayangnya tidak 'nendang'. Rilis: 3 September 2013 (PS3, PS Vita)20 Januari 2014 (PC)16 September 2014 (PS4, Wii U)26 September 2014 (Xbox One) Platform:PS3, PS Vita, PS4, Xbox...and get a life!