• Gim-gim Steam di Indonesia akan mulai dikenakan pajak digital dari tanggal 1 Juli 2020 sebesar 10%.
  • [2/72020]: Ralat negara yang dikenai pajak per 1 Juli 2020. Penambahan segmen “Bagaimana Cara Pajak Steam Bekerja?”. Judul diubah untuk lebih merefleksikan isi baru artikel.

Pajak Digital Steam Indonesia

Pada 1 Juli 2020 mendatang, gim-gim yang dijual melalui Steam di Indonesia akan mulai dikenakan pajak digital sebesar 10% berdasarkan informasi yang tertera di laman dokumentasi finansial Steamworks, layanan yang disediakan Valve bagi developer untuk menerbitkan dan mengelola gim mereka di Steam Store.

Selain Indonesia, Arab Saudi juga mulai mendapat pajak digital pada 1 Juli nanti, yakni sebesar 5%.

Pajak digital Steam tertinggi sebesar 25% berlaku di Denmark, Swedia, Norwegia, dan Kroasia. Sementara Uni Emirat Arab dan Taiwan mendapat pajak digital Steam terkecil, yaitu senilai 5%.

Bagaimana Cara Pajak Steam Bekerja?

Pada umumnya Steam menerapkan pajak inklusif dalam penjualan: alias pajak sudah langsung dimasukkan ke harga gimnya. Kecuali untuk wilayah Amerika Serikat yang sepenuhnya memakai pajak aditif, ditambahkan saat akan melakukan pembayaran.

Di Indonesia sendiri meski baru diterapkan pajak digital 10% pada tanggal 1 Juli 2020, harga gim tetap tidak berubah dan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 48/PMK.03/2020, pajak penambahan nilai (PPN) ini dibebankan pada “Pembeli Barang dan/atau Penerima Jasa”. Tapi kenapa harga tidak berubah?

Foto tampilan bon digital Steam sebelum dan sesudah kena PPN 10%

Kembali merujuk ke dokumentasi rekan Steamworks, diduga PPN 10% ini diambil dari kewajiban Valve menarik withholding tax (atau di artikel Investopedia berikut untuk pembahasan yang berorientasi pada peraturan Amerika Serikat) atau potongan pajak pendapatan bagi developer yang menerbitkan gim mereka di Steam.

Q. How much withholding taxes will be deducted from my payments?
A. At the conclusion of the tax interview, the withholding rate % will be provided to you. The withholding rate may range from 0% to 30% withholding on U.S. source income, based on the information you provided during the tax interview. If your withholding rate is 30% and your country of residence has a tax treaty with the U.S., you may want to retake the tax interview and provide a U.S. or foreign TIN in order to reduce the withholding rate. Countries that have tax treaties with the U.S. can be found here: http://www.irs.gov/Businesses/International-Businesses/United-States-Income-Tax-Treaties-A-to-Z

Q. What happens if there is no income tax treaty between my country of residence and the United States?
A. We will be required by the IRS to withhold 30% of your revenue share payment and remit these taxes to the IRS. You may want to consult with your tax advisors on whether you can recover these taxes as a foreign tax credit on your tax return.

Menurut rangkuman Wikipedia dalam beberapa kasus withholding tax sudah dianggap sebagai wajib pajak sehingga — selain merupakan kewajiban Valve sebagai perusahaan yang berbasis di AS untuk menariknya — mungkin saja pajak 30% yang selama ini dibebankan kepada developer merupakan bagian dari upaya mempersiapkan kemunculan pajak-pajak digital di berbagai negara semacam ini.

Di sisi lain, menurut laman FAQ Community Market, pihak Valve sendiri menyebutkan kalau mereka, “akan bertanggung jawab membayar pajak[…]” sehubungan dengan adanya biaya administrasi yang mereka jatuhkan di transaksi Community Market.

Note: With respect to our administrative fee, if any sales, VAT, or other taxes are due on that payment, we will be responsible for paying those taxes.

Yang jelas pada akhirnya penerapan pajak digital di Indonesia ini tidak memberi beban tambahan bagi konsumen saat kita berbelanja di Steam.

Mengingat Valve sudah menerapkan konversi ke mata uang Rupiah di Steam sejak 2014 silam, lumayan lah, 6 tahun kita sempat terbebas dari beban-beban pajak selama belanja di Steam mengingat hal semacam ini terbilang sesuatu yang tidak terelakkan.

https://i0.wp.com/stoplayingame.com/wp-content/uploads/2020/06/steam-pajak-02.jpg?fit=500%2C500&ssl=1https://i0.wp.com/stoplayingame.com/wp-content/uploads/2020/06/steam-pajak-02.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Unit076BeritaPCIndonesia,SteamGim-gim Steam di Indonesia akan mulai dikenakan pajak digital dari tanggal 1 Juli 2020 sebesar 10%. : Ralat negara yang dikenai pajak per 1 Juli 2020. Penambahan segmen 'Bagaimana Cara Pajak Steam Bekerja?'. Judul diubah untuk lebih merefleksikan isi baru artikel. Pada 1 Juli 2020 mendatang, gim-gim yang dijual melalui Steam...and get a life!