Serial EARTH DEFENSE FORCE memulai debutnya sebagai bagian dari Simple 2000 di PS2 — koleksi gim ‘murah-meriah’ dengan tema aneh seharga 2000 JP Yen. Hal yang ditawarkan seri ini kurang-lebih hanyalah semut dan ledakan raksasa yang bakal membunuh console-mu — lainnya cuma penghias. Untungnya EARTH DEFENSE FORCE 5 tidak melupakan akarnya yang sederhana tersebut. Justru developer Sandlot sukses meningkatkan pondasi kokoh itu untuk menghasilkan pengalaman bermain yang jauh lebih menyenangkan; sehingga pemain baru mudah memasukinya sementara pemain veteran tetap mendapat hal-hal menarik untuk dicoba.

Buat kamu yang belum akrab dengan EARTH DEFENSE FORCE, seperti yang sudah dibilang tadi, di gim ini kamu akan melawan invasi alien berupa serangga-serangga raksasa. Dengan sistem permainan nan sederhana namun tetap memaksamu mengatur gelombang serangan lawan dan HP-mu sendiri, seringkali justru kontrol dan mekanisme gim yang terasa kolot justru menjadi lawan terberat. Tapi tidak lagi.

Hilang sudah (atau setidaknya kian diminimalisir) kontrol karakter yang terasa kikuk. Semua kelas mendapat pembaruan besar-besaran, terutama dari segi mobilitas.

Tiga kelas penyerang — Ranger, Fencer, Wing Diver — mendapat satu-dua slot equipment ekstra yang akan (sangat) memengaruhi gaya permainanmu; entah itu memberikan kemampuan dash atau mengurangi recoil bagi Fencer, mempercepat gerak atau bisa memanggil tank/helikopter bagi Ranger (yang sekarang punya kemampuan berlari), serta mempertebal dan mengurangi konsumsi bar energi saat terbang atau menembak bagi Wing Diver.

Kelas pendukung Air Raider meski tidak mendapat slot equipment tambahan pun tetap tidak kalah keren. Selain dapat slot senjata ekstra kamu tidak lagi sekadar mengandalkan granat asap untuk secara tidak yakin menandakan lokasi pengeboman; kini saat memakai Support Bomber, kamera akan menjauh dan kamu bisa mengatur arah serang Bomber dengan lebih leluasa. Ditambah di tanah akan terlihat tanda area of effect berwarna merah dari ledakan senjatamu sehingga kamu dan teman-teman bisa segera menyingkir. Banyak kendaraan Air Raider juga di-buff sehingga jauh lebih tahan banting saat membasmi para serangga raksasa.

Earth Defense Force 5

Salah satu gameplay loop utama EARTH DEFENSE FORCE 5, yaitu mengumpulkan kotak armor (penambah jumlah maksimal HP) dan senjata, juga dirombak:

  • Semua kelas punya ‘lingkaran aura’. Semua kotak yang masuk ke lingkaran itu akan otomatis terambil. Tidak lagi harus pas badan karaktermu menyentuh boks;
  • kotak armor dan senjata yang kamu kumpulkan dalam satu level otomatis dibagi pada semua kelas. Hal ini membantu memotong BANYAK waktu grinding dan jelas akan membuatmu lebih tertarik mencoba kelas-kelas lain karena tidak harus mengulang hanya untuk mendapat senjata-senjata bagus;
  • tergantung dari tingkat kesulitan, saat kamu mati sebagian kotak-kotak tersebut akan disimpan sehingga kegagalan tetap bisa menghasilkan senjata baru;
  • Kadang jika dapat senjata yang sama, status senjata tersebut (jumlah amunisi, damage, jarak efektif, akurasi, dan lain-lain) akan meningkat alih-alih cuma jadi duplikat saja.

Terakhir yang tidak kalah penting: ada dua jenis kostum berbeda yang bisa kamu gonta-ganti setelah menamatkan gim (atau mungkin mengalahkan bos terakhir).

Sementara itu tantangan bagi anggota EARTH DEFENSE FORCE veteran datang dari beragam musuh baru. Sebut Colonist dan Cosmonaut, makhluk humanoid raksasa bersenjata plasma machine gun, shotgun, cannon, sampai flamethrower yang dapat bergerak lincah. Atau Roller, kutu raksasa yang menyerang dengan berguling. Ada pula kaiju baru Archelus yang mampu menembakkan bola-bola ledakan saat mengejarmu.

Namun tidak semua pasukan invasi Bumi merupakan sosok anyar. Sebagian tetap wajah lama macam semut, laba-laba, dan lebah. Beberapa, seperti Winged Flying Aggresor, merupakan reskin dari jenis musuh Dragon yang ada di 2025 dan 4.1. Kombinasi desain klasik dan segar membuat EARTH DEFENSE FORCE 5 tetap cukup menonjol dari saudara-saudaranya.

Earth Defense Force 5

EARTH DEFENSE FORCE 5 sebagai sebuah reboot tidak menjanjikan perubahan besar-besaran demi memancing penggemar baru. Sandlot hanya memperbaiki dasar yang sudah ada dan membuatnya kian asyik dimainkan oleh penggemar setia maupun calon penggemar masa depan. Ditambah berkat peningkatan quality of life feature-nya EARTH DEFENSE FORCE 5 layak dibilang sebagai judul paling sempurna kalau kamu dan teman-temanmu ingin bergabung ke organisasi pembasmi serangga ini untuk pertama kalinya. EDF! EDF!!

4/4 = Harus Beli

EARTH DEFENSE FORCE 5 adalah upaya terbaik Sandlot membenahi cacat-cacat kecil dari judul-judul EDF sebelumnya. Masih jadi simulasi genosida semut/alien terbaik.

EARTH DEFENSE FORCE 5 | PC (Steam) – Rp249.999

Tanggal RilisPlatform
11 Juli 2019PS4, PC
http://stoplayingame.com/wp-content/uploads/2019/09/edf5-01.jpghttp://stoplayingame.com/wp-content/uploads/2019/09/edf5-01.jpgUnit076ReviewD3 Publisher,review,Sandlot,SteamSerial EARTH DEFENSE FORCE memulai debutnya sebagai bagian dari Simple 2000 di PS2 -- koleksi gim 'murah-meriah' dengan tema aneh seharga 2000 JP Yen. Hal yang ditawarkan seri ini kurang-lebih hanyalah semut dan ledakan raksasa yang bakal membunuh console-mu -- lainnya cuma penghias. Untungnya EARTH DEFENSE FORCE 5 tidak melupakan akarnya...and get a life!