[*Karena kesalahan teknis, rekaman kali ini tidak ada suaranya. Mohon maaf sebesar-besarnya]

NEO AQUARIUM -The King of Crustaceans- merupakan sebuah gim yang sama sekali tidak masuk akal; baik dari segi cerita maupun permainannya sendiri.

Sesuai judulnya, ‘NEO AQUARIUM’ merujuk pada sebuah sistem akuarium canggih yang dibuat dari gabungan potongan dua bagian lautan berbeda, menggunakan teknologi sub-spatial. Para makhluk laut yang hidupnya merasa terganggu pun (entah bagaimana caranya) berusaha melawan… dengan menembakkan laser. Selalu haus akan hiburan, kaum manusia malah memanfaatkan momen ini untuk saling mengadu hewan bercangkang tersebut dan berjudi. Kita pun terjebak sebagai salah satu kepiting, lobster, atau kerang remis yang bertaruh nyawa di NEO AQUARIUM.

Ya. Saya tidak mengada-ngada. Kalau tidak percaya kamu bisa membaca ceritanya sendiri di video di atas pada menit sekitar 3:25-an.

Mirip sinopsis barusan, secara gameplay gimnya tidak masuk akal — setidaknya sampai akhirnya kamu menyerah berusaha memahaminya sendiri dan membuka manual. Sederhananya, NEO AQUARIUM -The King of Crustaceans- adalah sebuah class-based Shooter dilengkapi unsur kustomisasi.

Tiap karakter; Hermit Crab (kelomang), Frog Crab (kepiting kunci), Snow Crab (kepiting salju), Corn Barnacle (kerang remis), Lobster, dan beberapa karakter rahasia lain seperti krustasea purba Anomalocaris; memiliki kemampuan menyerang dan bertahan yang berbeda-beda.

Frog Crab contohnya, yang bisa menyerang jarak dekat sekaligus memantulkan laser musuh serta memiliki skill spesial untuk masuk ke dalam tanah; berbeda dengan Corn Barnacle yang hanya bisa berjalan sambil membuat cangkang baru, tapi tiap cangkang yang ada akan membantu menyerang dan kamu tidak bisa terkena serangan selama ada di dalamnya.

NEO AQUARIUM -The King of Crustaceans-

Unsur kustomisasinya datang dari NEO AQUARIUM yang bisa kamu modifikasi sendiri sebelum pertandingan dimulai. Seperti menambahkan bebatuan sebagai perlindungan atau hewan lain macam teripang, isopod, dan lainnya untuk membantu.

Namun seperti yang saya bilang tadi: hal-hal ini ‘tidak masuk akal’ karena hanya dijelaskan lewat halaman manualnya saja! Ternyata krustasea bercapit bisa menangkap lawan saat menyerang jarak dekat, oh kamu bisa merekrut hewan laut musuh lewat skill Sphere of Influence, dan ternyata kadar oksigen air dapat dipengaruhi jumlah hewan yang mati serta menurunkan kecepatan regenerasi bar POW!! Bahkan fungsi tiap-tiap hewan maupun tanaman laut berbeda yang bisa kamu tambahkan di akuarium tidak ada penjabarannya.

Saya tipe orang yang menganjurkan membaca buku atau artikel secara mendetail, tapi kalau tidak ada di dalam menu gimnya sendiri, ya akhirnya malah membingungkan. Secara konsep menarik, hanya saja kamu tidak bisa belajar hanya dari bermain. Presentasinya pun seperti gim ‘belum jadi’.

Meski begitu bisa dibilang musik pengiring merupakan nilai positif terbesar dari NEO AQUARIUM. Tidak banyak memang, total hanya ada sembilan trek, tapi semuanya terasa amat cocok mengikuti hiruk-pikuknya garis-garis laser warna-warni yang (cepat atau lambat) akan memenuhi layarmu. Silakan coba dengarkan sendiri di bawah (lantaran video gameplay nggak ada suaranya):

Keseluruhan kejanggalan ini baru masuk akal ketika kamu melihatnya antara sebagai sebuah proyek sekolah/kuliah atau doujin game, yang entah bagaimana dilirik oleh PLAYISM selaku penerbit dan penerjemah — yang ternyata pilihan kedua benar adanya. Bukannya ‘unplayable sama sekali’ tapi gimnya terasa ‘kurang lengkap’ alias cukup amatir.

Maka buat kalian manusia ‘normal’ yang ingin sekadar menghabiskan waktu main gim untuk langsung bersantai dan bersenang-senang, NEO AQUARIUM sama sekali tidak bisa saya rekomendasikan; akan tetapi kalau definisi ‘senang-senang’mu adalah mencicipi gim-gim aneh yang digarap dengan biaya rendah (baca: jadi turbohipster) saya rasa tidak ada salahnya menyelami judul satu ini.

Sekali lagi. Secara pribadi, daripada menghabiskan waktu untuk mencari udang di balik batu berikut, masih ada banyak ikan lain di laut.

1/4 = Tidak Layak
NEO AQUARIUM -The King of Crustaceans- merupakan gim yang ‘kelewat doujin/indie’ dan sulit dikupas saat kamu hanya ingin mengisi waktu luang.

NEO AQUARIUM -The King of Crustaceans- | PC (Steam) – Rp79.999

http://stoplayingame.com/wp-content/uploads/2019/07/neoaq-02.jpghttp://stoplayingame.com/wp-content/uploads/2019/07/neoaq-02.jpgUnit076Reviewindie,PLAYISM,review,Steamhttps://www.youtube.com/watch?v=aldsZqWf4-8 NEO AQUARIUM -The King of Crustaceans- merupakan sebuah gim yang sama sekali tidak masuk akal; baik dari segi cerita maupun permainannya sendiri. Sesuai judulnya, 'NEO AQUARIUM' merujuk pada sebuah sistem akuarium canggih yang dibuat dari gabungan potongan dua bagian lautan berbeda, menggunakan teknologi sub-spatial. Para makhluk laut yang hidupnya merasa...and get a life!