Kane & Lynch: Dead Men adalah gim Third-Person Shooter garapan IO Interactive yang dirilis untuk Xbox 360, PS3, dan PC (dilengkapi Games for Windows Live) pada November 2007 silam. Sesuai judulnya kamu akan mengendalikan seorang pria berwajah sangar, Kane (dan Lynch, jika bersama teman), dalam sebuah petualangan bertema drama kriminal penuh intrik yang mirip film-film macam HEAT — paling tidak untuk setengah perjalanannya.

Memang awalnya gim dibuka dengan adegan yang tidak asing dalam film-film bertema kriminal. Dalam perjalanannya menuju hukuman mati, sang tokoh utama, Adam ‘Kane’ Marcus, diselamatkan oleh sejumlah tentara bayaran milik geng berbahaya yang dikenal sebagai The7. Kane dituduh telah mencuri uang mereka dan sambil ditemani ‘anjing penjaga’ mereka, Lynch, dipaksa mencarinya lagi jika tidak ingin istri dan anak perempuannya dibunuh.

Plot yang cukup solid untuk sebuah drama kriminal menegangkan. Dari sinopsisnya sudah tergambar kiranya sosok Kane si penjahat kelas kakap yang terasing dari keluarganya dibebani pikiran melibatkan mereka lagi, hubungan kerjanya dengan Lynch (yang jelas bakal jadi kendaraan untuk membangun karakter mereka), serta motivasi kedua karakter utama dalam seluruh kekacauan ini; dibalut lewat sebuah wadah yang gritty dan relatif realistis. Tapi entah mengapa setengah jalan menuju tamat, kamu malah diajak masuk ke sebuah skenario perang besar-besaran nan konyol entah muncul dari mana — lengkap ditemani sejumlah ragtag bunch of misfits milik Kane sendiri!

Kane dan Lynch keluar dari elevator bersama teman-teman ragtag-nyaAsal tahu saja, ini bukan Kelly’s Heroes maupun Guardians of the Galaxy.

Tidak jelas apakah pada titik itu tim IO Interactive kebingungan bagaimana menutup sebuah cerita drama kriminal yang tidak jelas arahnya atau sempat ada tuntutan untuk menyajikan sebuah pertempuran skala besar di bagian akhir untuk gim-gim bergenre Shooter semi-realistis.

Alih-alih merasakan tegangnya kisah intrik dan pengkhianatan ganda antara para sosok kriminal terlibat dan memiliki dendam antara satu sama lain, kamu malah serasa menyaksikan sebuah film komedi gelap yang ceritanya terus bergulir karena ‘comedy of errors‘ — rangkaian kejadian yang hanya terjadi karena kesalahan-kesalahan konyol yang dilakukan oleh tokoh-tokoh di dalamnya. Tapi kamu tidak bisa tertawa menyaksikannya; hanya tersenyum geli kenapa kamu sampai berpikiran untuk menyentuh gim semenyedihkan ini.

Sudah karakter-karakter pendukung yang berkaitan erat dengan cerita tidak dikembangkan lebih jauh sehingga kamu tidak tahu dengan jelas latar belakang maupun relevansi mereka dengan Kane, sekalinya plot melaju, kurang-lebih terjadi lantaran kebetulan ajaib atau malah gara-gara kelalaian para karakternya semata.

Kane menembaki musuh dari belakang tembokBukan berarti Kane & Lynch: Dead Men rilis tanpa hal menarik sama sekali; terdapat sistem kooperatif asimetris seperti di Dead Space 3 yakni momen-momen ketika Lynch berhalusinasi dan melihat semua NPC dalam game menjadi polisi bersenjata, fitur menukar senjata dan memberi perintah pada masing-masing rekan NPC, bergaungnya kutipan-kutipan kebencian dari berbagai karakter untuk menggambarkan penyesalan Kane saat kamu tewas tertembak, serta tidak ketinggalan lagu aksi maupun ambient yang pas mengiringi adegan-adegan gubahan komposer Jesper Kyd; cukup terkenal berkat karyanya di Assassin’s Creed, Hitman, juga Borderlands.

Hadir bersama potensi cerita yang tersia-siakan, gameplay luar biasa standar bahkan pada masanya, musik yang mendadak suka bolak-balik ke aksi-ambient, dan masih memerlukan Games for Windows Live agar bisa berjalan di tahun 2019, sudah jelas Kane & Lynch: Dead Men bukan sesuatu yang layak dimainkan untuk menghabiskan uang maupun waktumu. Might as well let those Dead Men dead.

1/4 = Tidak Layak

Kane & Lynch: Dead Men tidak layak menghabiskan waktu atau uangmu karena cerita yang mengecewakan, gameplay substandar, dan GFWL.

PC (Steam) – Rp59.999

http://stoplayingame.com/wp-content/uploads/2019/06/kl-01.jpghttp://stoplayingame.com/wp-content/uploads/2019/06/kl-01.jpgUnit076Reviewreview,Steamhttps://www.youtube.com/watch?v=vOD9_fTzgWk Kane & Lynch: Dead Men adalah gim Third-Person Shooter garapan IO Interactive yang dirilis untuk Xbox 360, PS3, dan PC (dilengkapi Games for Windows Live) pada November 2007 silam. Sesuai judulnya kamu akan mengendalikan seorang pria berwajah sangar, Kane (dan Lynch, jika bersama teman), dalam sebuah petualangan bertema drama...and get a life!