Miitomo

Sumber: http://kotaku.com/nintendos-first-mobile-game-is-called-miitomo-out-in-2-1739290330

Hari ini (29/10) dalam kegiatan rapat dengan investor di Tokyo, Nintendo mengumumkan “game” mobile pertama mereka yang diberi judul “Miitomo,” yang merupakan gabungan dari kata Mii, avatar pemain yang muncul pertama kali di Wii; dan “tomodachi” bahasa Jepang yang berarti “teman.”

Disebut sebagai “game” — dengan tanda kutip — karena sepertinya aplikasi free-to-play ini lebih mirip aplikasi chat/messenger. Para pengguna Miitomo akan bisa memodifikasi avatar Mii mereka dan kemudian menjawab berbagai pertanyaan pribadi, yang akan digunakan sebagai dasar oleh Mii milik para pengguna aplikasi tersebut untuk berinteraksi dengan satu sama lain secara otomatis. Mark Macdonald, dari perusahaan localization 8-4, menyimpulkan sistem game ini dengan baik yaitu, “Tomodachi Life w true social media hooks[...]”

Nintendo juga telah merombak sistem online mereka menjadi “Nintendo Account,” yang terintegrasi dengan konsol, PC, dan perangkat pintar. Mereka akan memanfaatkan layanan berbasis “cloud” untuk menghubungkan data antara game mobile dan konsol.

Namun, tanggapan dari para investor maupun analis terhadap Nintendo tidak terlihat baik saat ini. Tidak heran, Miitomo memang terlihat tidak mengesankan terutama jika mengingat ini merupakan langkah pertama dari tim internal Nintendo sendiri untuk (akhirnya) terjun ke industri mobile gaming. Saya rasa para pelaku industri berharap mereka memanfaatkan IP populer, seperti Mario atau Pokemon, sebagai langkah aman dalam upaya menembus pasar mobile yang semakin tidak bersahabat, seperti sentimen yang dikatakan oleh pengamat industri game Jepang Serkan Toto pada Tech in Asia,

β€œIt would have been so easy – just cooperate with DeNA to create a free-to-play mobile game with Mario or other popular IP and set yourself up for a new, potentially enormous revenue stream.”

Diundurnya rencana merilis game mobile yang dikerjakan bersama DeNA dari akhir tahun ini menjadi Maret 2016 juga semakin membuat was-was para stakeholder.

Miitomo bukanlah aplikasi mobile resmi pertama yang menggunakan properti milik Nintendo. Bulan Agustus kemarin, mereka merilis Pokemon Shuffle Mobile yang digarap oleh Genius Sonority. Dan 10 September lalu mereka mengumumkan permainan augmented reality Pokemon Go! yang dikerjakan bersama perusahaan spesialis AR, Niantic. Tentunya kasus ini berbeda karena banyaknya ekspektasi dari berbagai pihak sebagai aplikasi mobile pertama yang ditangani langsung oleh Nintendo. Apakah persepsi itu akan berubah ketika Nintendo menunjukkan karakter populer seperti Mario, Link, atau Samus beraksi dalam layar smartphone? Kita lihat saja tahun depan.

———————————————-

Sumber: