Pahlawan Bertopeng, tokoh yang gemar ditonton oleh Shinchan di serial Crayon Shinchan, diadaptasi menjadi manga spinoff tersendiri seperti manga Rock Lee no Seishun Full-Power Ninden tentang Rock Lee dari Naruto. Dikenal dengan nama Action Kamen di Jepang, manga bertokoh utama sosok idola Shinchan ini digarap oleh Datto Nishiwaki, pengarang manga Fate/Stay Night, dan sudah mulai diserialisasi di majalah Monthly Action sejak bulan Mei 2013.

Berbeda dengan Crayon Shinchan, manga ini kelihatannya mengambil tema cerita yang lebih serius. Pada chapter pertamanya, diceritakan tentang seorang bocah bernama Yashio yang mengejar kriminal yang mengincar anak-anak kecil sebagai korban. Dalam aksi pengejarannya, ternyata si bocah itu justru menjadi incaran sang kriminal. Pada saat itulah, sesosok misterius, sang Pahlawan Bertopeng, datang menolongnya.

Dalam rangka mempromosikan manga-nya, hadir juga Pahlawan Bertopeng versi live-action di toko-toko buku dan hobi di distrik Akihabara, Tokyo, sehari sebelum majalah Monthly Action yang memuat manga ini diterbitkan.

Dan bicara soal manga superhero yang jadi lebih serius, sudah ada yang baca manga Ultraman yang baru? Desain karakternya keren-keren lho.