Tim Solite Studio yang mewakili Universitas Trunojoyo, Madura berhasil memenangi tahap seleksi Local Finals Indonesia dalam kompetisi Imagine Cup 2013. Mereka berhasil mengungguli delapan finalis lain lewat game bertema edukasi buatan mereka yang berjudul Save The Hamster.

Kepada KompasTekno, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro berkata, “Konsep solusinya sudah matang dan berhasil memadukan aspek edukasi matematika dengan permainan yang menarik,” mengenai gameplay game tersebut.

Dibuat untuk Windows Phone, Save The Hamster merupakan game yang memiliki unsur-unsur pelajaran matematika. Dalam game tersebut pemain bertugas membantu empat ekor hamster yang tersesat untuk kembali pulang. Melalui bentuk simbol-simbol di tanah yang harus dicocokkan lah, pelajaran matematika akan mengambil peran.

Imagine Cup sendiri adalah kompetisi internasional di bidang IT yang diselenggarakan oleh Microsoft bagi mahasiswa dan pelajar sejak tahun 2003. Menggunakan slogan “If you can Dream it, you can Build it” mereka tidak membatasi ide atau tema yang digunakan oleh para pesertanya. Ada tiga kategori yang dilombakan dalam Imagine Cup tahun ini, yaitu Innovation, Games, dan World Citizenship. Karya tim Solite Studio yang menjadi pemenang Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia termasuk dalam kategori game.

Bersama 108 peserta dari negara lain di seluruh dunia, Solite Studio akan mewakili Indonesia dalam acara final Imagine Cup 2013 di St. Petersburg, Rusia, pada 8-11 Juli mendatang.

Pendaftaran untuk kompetisi yang satu ini memang sudah tutup jelas, tapi bagi orang-orang yang kompetitif, website Imagine Cup menyediakan perlombaan bulanan berhadiah USD $1000! Tertarik mencoba?