Presiden Rusia Vladimir Putin, pada 12 April kemarin mengumumkan rencananya perihal pengembangan teknologi antariksa. Dalam rangka menyelesaikan cosmodrome Vostochny, meremajakan roket-roket mereka, dan mengirim awak ke bulan dan Mars, mereka berencana untuk menginvestasikan $50 milyar ke proyek antariksa mereka selama tujuh tahun kedepan.

Putin beserta pemimpin lainnya kurang-lebih telah menyiapkan timeline proyek sebagai berikut: Berhasil meluncurkan roket dari Vostochny pada 2015, melaksanakan misi berawak pada 2018, dan memiliki kemampuan untuk menghabisi ancaman dari negara lain via luar angkasa pada 2030… yeah, that sounds pretty ominous.

Walau detil rencana mereka masih belum jelas, pihak Rusia menambahkan bahwa mereka akan mempercepat rencananya untuk membuat pangkalan permanen di bulan.

Bisa dibilang rencana ini adalah rencana terbesar mereka dalam bidang teknologi antariksa sejak masa Perang Dingin, di mana mereka berhasil meluncurkan manusia pertama, Yuri Gagarin, ke luar angkasa pada 52 tahun yang lalu. Dan kebetulan (atau mungkin memang direncanakan), hal ini diumumkan tepat pada hari peringatan peluncuran tersebut.

Bagus juga kalau melihat berita macam ini, melihat negara-negara berlomba dalam teknologi antariksa dan bukannya militer melulu. Tapi melihat salah satu rencana mereka soal “menghabisi ancaman dari negara lain via luar angkasa” mengingatkan saya akan trailer EndWar.