Halo semuanya. Kali ini kami akan me-review salah satu game Action-RPG favorit kami. Nggak cuma tamat, tapi saya juga berhasil mendapatkan semua achievement-nya. Okay langsung aja, mari kita simak.

Dark Souls: Prepare to Die Edition dirilis untuk platform PC setelah Dark Souls rilis tahun 2011 untuk platform PS3 dan Xbox. Game ini merupakan game kedua dari serial Souls buatan From Software.

Dark Souls: Prepare to Die

Platform: PC [review]

Developer: From Software

Publisher: Namco Bandai Games

Rilis: 22 September 2012

Sekilas tentang cerita dan plot yang terdapat di dalam Dark Souls. Agak susah untuk mengerti cerita dibalik game ini, karena saya pun tidak tahu apa yang diceritakan sebelum membaca berbagai sumber karena ceritanya harus kita telaah sendiri melalui deskripsi item atau dialog antar NPC.

Setting cerita Dark Souls tidak cukup berbeda dengan game-game fantasi pada umumnya yaitu masa kegelapan di dunia Lordran dengan berbagai mahluk aneh didalamnya. Cerita berawal dari usaha penemuan dunia baru, dimana bumi berada diambang masa-masa kegelapan akibat dari tidak adanya aturan setelah Raja Api tiada. Pada saat ini dunia Dark Souls dikuasai oleh empat kubu. Kubu Nito, the First of the Dead; the Witch of Izalith dan putrinya (Daughters of Chaos); Gwyn, the Lord of Sunlight, dan para pejuangnya yang setia; dan juga the furtive pygmy. Karena ulah keempat penguasa ini, dunia menjadi tidak stabil. Akibatnya para manusia dan undead menjadi gila dan akhirnya saling menghantui satu sama lain. Simak video berikut untuk mengetahui latar belakang cerita Dark Souls.

Pemain berperan sebagai tokoh utama yang dipanggil sebagai “The Chosen Undead”  atau yang artinya undead yang dipercaya untuk mengalahkan dan mengumpulkan jiwa para keempat penguasa, dan mempersugihkan jiwa-jiwa tersebut ke sebuah wadah yang dinamakan Lord’s Vessel. Setelah mengumpulkan jiwa-jiwa tersebut, Chosen Undead harus mengalahkan Lord Gwyn yang menjaga “api utama” untuk menentukan takdir dunia. Kalian akan bisa mengorbankan jiwa kalian untuk mengembalikan api dunia untuk mencegah kegelapan menyelimuti dunia dan mengembalikan api kehidupan di Lordran, atau membiarkan api dunia padam untuk selamanya dan menjadi penguasa kegelapan.

Defeating lord Gwyn in order to restore the order

Beralih ke aspek game.

Grafis yang dimiliki Dark Souls cukup menakjubkan, pemandangannya juga sangat memukau mata! Tidak jarang kita menjumpai landscape-landscape indah selama dalam perjalanan, berikut dengan comment yang ditinggalkan para pemain lain seperti “amazing view ahead” melalui fitur game ini untuk meninggalkan sebuah pesan di suatu daerah. Terkadang ada juga comment yang cukup lucu seperti: “Amazing chest ahead” di depan putri Gwyn, Gwenevere di Anor Londo. Tidak hanya pemadangan bagus, game ini juga dipenuhi oleh pemandangan yang mengerikan. Ditambah lagi dengan monster-monsternya yang sangat beragam mulai dari naga yang terlihat sangar, kodok yang bentuknya bikin mau muntah, sampai ada yang bentuknya seperti kuntil anak.

Amazing Chest oi lad ????

Gameplay yang dimiliki game ini sangat menantang dan menarik. Kalian benar-benar harus ekstra hati-hati dan tidak asal hantam, karena bila melakukan satu kesalahan fatal saja dan menyebabkan kematian, nikmati sendiri rasanya untuk kembali ke tempat kalian mati untuk mengembalikan soul (untuk membeli barang dan menaikkan level) dan humanity (untuk meningkatkan resistent dan damage beberapa weapon) yang telah dikumpulkan. Dan justru salah satu daya tariknya disitu, membuat kita harus mempelajari musuh lewat trial-and-error. Jelas game ini cocok bagi gamer hardcore.

Layaknya game RPG modern lainnya, kalian bisa mengkostumisasi karakter kalian seenak jidad. Mulai dari bentuk badan, gender, warna kulit, hingga armor yang bervariasi. Kalau kalian iseng, bisa juga bikin mahluk nggak jelas berkepala besar dan berbadan hijau.

Karena ini Action-RPG kalian tentu saja dapat menikmati animasi tebasan yang cukup realistis dari berbagai macam senjata mulai dari Shortsword, Rapier, Greatsword, Katana bahkan sampai Fist Weapon. Dari segi equipment yang kalian bisa kumpukan, sangat beragam dan keren-keren kalian juga dapat mengupgrade weapon atau armour kalian, asalkan material dan soul yang kalian punya mencukupi. Selain itu kalian juga dapat me-mix and match Weapon dan Armour kalian berikut dengan cincin yang kalian punyai untuk membuat satu karakter yang super mantap.

Dalam Dark Souls, mekanisme skill dibagi kedalam tiga kelas: Pyromancies, Magic dan Miracle. Magic dan Miracles membutuhkan stat tersendiri untuk mengunakan dan menentukan damagenya yaitu Int. dan Faith sedangkan Pyromancies sendiri tidak membutuhkan apapun, dan damagenya di tentukan oleh seberapa jauh kalian mengupgrade Pyromacy Flame kalian. Fungsi dari 3 skill ini tidak lain untuk melakukan damage ke musuh, dan atau memberikan buff effect ke diri player.

Pyromancy, Magic and Miracle

Walaupun sama-sama memiliki gameplay yang hardcore, tapi perbedaan terbesar antara game ini dengan Demon Souls, yaitu dengan adanya fitur online! Fitur online dalam game ini diimplementasikan dalam bentuk yang bisa dibilang unik karena tidak seperti game MMORPG layaknya WoW.

Untuk melaksanakan fitur online atau multiplayer, pemain harus menginvasi, disummon, atau mensummon player lain untuk membantu atau melawan pemain lain  (hany bila pemain lain tidak menggunakan item penangkal invasi dan level player yang lain tidak menyalahi level capacitor dalam dunia dark souls yaitu +/- 10% + 10 level kita sendiri). Equipment pemain dari mode singleplayer masih digunakan ketika PVP, pemain juga harus ekstra hati-hati, memperhitungkan jangkauan tebasan pedang dan magic  serta berguling ke berbagai arah untuk menghindari serangan pemain lain.

Invasi ke dunia player lain dilakukan dalam bentuk arwah balas dendam atau arwah kegelapan (Spirit of Vengeance atau Dark Spirit) dan tujuannya adalah mengeliminasi player di dunia tersebut. Rewardnya tergantung metode kalian melakukan invasi mulai dari Soul, humanity atau juga item-item untuk mengupgrade equipment. Tidak jarang PVP di hantui oleh berbagai macam PC hybrid yang artinya selain mempunyai damage yang cukup sakit, mereka juga punya magic, miracle, dan atau pyromancie. dan jangan lupa, bersiaplah untuk di gang bank, karena tidak jarang dunia player lain yang kita invasi telah ada player lain yang sedang membantu player tersebut di perjalanan. Dalam mode PVE player dapat men-summon player lain dalam bentuk arwah baik untuk saling membantu dalam perjalanan dan melawan bos.

Jangan salah kaprah, mode mode yang saya sebutkan tadi bukan berarti mode yang dapat kita pilih pada menu utama game, melainkan semua ini dibungkus menjadi satu ketika kalian membeli versi orisinil game ini dan tentu saja tersambung dengan koneksi internet.

 

Ritual rutin dalam PVP (memberi hormat kepada pemain lain sebelum dan sesudah battle)

Edisi Prepare to Die untuk PC ini dilengkapi dengan DLC yang diberikan secara cuma-cuma. DLC ini mencakup beberapa area baru.Salah satunya yaitu kota masa lalu bernama Oolacile dimana seorang putri yang disebut Dusk of Oolacile ditangkap oleh mahluk kegelapan yang bernama Manus. Disini kita bertemu dengan para ksatria lord Gwynn yang salah satunya bernama Astorias yang dianggap pahlawan dalam misinya untuk memusnahkan kegelapan di Lordran. Sayangnya pada akhir perjalannanya dia telah terobsesi oleh kegelapan dan menjadi gila. Di akhir perjalanan, kalian harus mengalahkan Manus untuk memebaskan Dusk of Oolacile, dan membebaskan kota Oolacile dari kegelapan.

Behold !!!! Manus the lord of Abyys

Overall, dengan game ini kalian diberikan sensasi bermain Action RPG yang berbeda dari biasanya dengan tantangan-tantangan yang sangat ekstrem susah dan seru. Ketika kalian tidak kuat karena susahnya melawan bos atau bahkan musuh musuh biasa, siap siap untuk menyimak artikel gaming peripheral kami!

Gamers do have Life !!!!!!! Bis Dann

5/5 = Super Sekali – Contoh yang bagus dalam mendefinisikan suatu genre, game yang mendapat skor ini kurang-lebih adalah game paling “sempurna” yang bisa Anda dapatkan untuk genre tersebut.