Sebenarnya ini bisa dibilang bukan berita baru, tapi saya rasa tidak ada salahnya memberikan kabar ini buat kalian yang belum tahu. Anyway!

Tujuh perusahaan Jepang sedang melakukan kolaborasi untuk membuat sebuah saluran distribusi anime secara web-based yang diberi nama Daisuki, sebagai upaya mengurangi tindak pembajakan anime yang semakin marak. Yah kurang lebih seperti layanan streaming anime Crunchyroll.

Selain Dentsu dan Asatsu DK yang bergerak dibidang periklanan, lima studio anime yang berkolaborasi dalam proyek ini adalah Aniplex, Sunrise, Toei Animation, TMS Entertainment, dan Nihon Ad Systems. Anime yang akan ditayangkan antara lain adalah Puella Magi Madoka Magica, Mobile Suit Gundam, One Piece, Lupin The Third, dan The Prince of Tennis, beserta judul-judul lain tentunya.

Direncanakan layanan streaming akan dimulai pada bulan April mendatang dengan judul-judul anime baru akan ditayangkan secara “simulcast” (simultaneous broadcast) dengan jadwal aslinya di Jepang. Selain itu mereka juga akan melakukan stream acara-acara live lain dalam bahasa Inggris. Daisuki juga akan menyediakan toko online di bulan Juni agar para penonton dapat dengan mudah membeli merchandise anime.

Kepada koran Nikkei, ADK mengatakan bahwa mereka mengharapkan akan mendapatkan hingga 3 juta member dalam kurun waktu lima tahun, dengan target utama pasar Amerika Serikat, walau tentunya tidak mengecualikan negara-negara lain.