Bioware siap melepaskan Mass Effect 3 dengan meluncurkan trailer dari DLC terbaru dan terakhirnya, Citadel dan Reckoning. Dalam DLC single-player dan multiplayer yang penuh dipenuhi fan-service ini kalian akan berkumpul dengan teman-teman lama, melawan musuh baru, dan menikmati sedikit “military R&R.” Enjoy the trailers!

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, DLC single-player yang diberi nama “Citadel” ini merupakan DLC penutup Mass Effect 3 yang penuh dengan fan-service — sesuatu yang jelas akan membuat para fans serial ini bahagia. Sebagai Commander Shepard, kita akan bisa menikmati sebuah ruangan apartemen/kondominium di salah satu bagian Citadel dan memanggil para awak Normandy untuk bersantai, entah di ruang tamu atau di ruang tidur. Kurang lebih sama seperti DLC Mass Effect 1, Pinnacle Station, hanya saja tanpa challenge mission.

Tapi tentunya reuni tidak berakhir disitu saja, karena ternyata ada sekumpulan orang yang tiba-tiba menyerang Shepard dan Joker ketika mereka bersantai di bar! Semua teman-teman Shepard, mulai dari Wrex, Zaeed, hingga Kolyat (menggantikan Thane) pun membantunya menangani masalah ini.

Begitu pula dengan DLC multiplayer, Reckoning. Tidak ada wajah-wajah yang kita kenal, tentu saja, tapi Bioware menambahkan class-class baru yang didasari para rekan Shepard. Ada AI, prajurit dengan armor yang mirip Zaeed, turian perempuan, geth juggernaut, krogan dengan warhammer, hingga Collector. Yap, Collector, yang menurut memang lebih masuk akal mengingat Prothean sudah mati semua (kecuali Javik, jelas).

Walaupun semua “fan-service” ini menurut saya sudah agak telat, tapi yah, gesture yang cukup baik dari Bioware bagi para fans yang masih setia. Dan melihat bahkan di multiplayer juga ada class berbasis Zaeed, menurut saya ini juga sebagai “penghormatan” bagi mendiang voice actor-nya, Robin Sachs. Semoga dengan begini Bioware sudah siap 100% untuk mengerjakan game Mass Effect maupun IP baru.

Citadel akan dirilis besok untuk Xbox 360, PC dan PS3 dengan harga $14.99, 1200 Microsoft Point, atau 1200 Bioware point. Sementara Reckoning sudah dapat di-download sejak 25 Februari kemarin tanpa biaya.