Bagi yang belum tahu siapa saja yang mengurus “kapal pecah digital” ini, ijinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Sidharta, pendiri blog StoPlayinGame, dan selamat datang di website kami, StoPlayinGame.com.

Disregard that box. Worst gaming-related purchase, EVER

Sejauh ini sayalah penulis utama + editor + administrator disini. Berhubung peran saya disini masih sebagai “penulis utama,” artikel-artikel yang saya tulis meliputi berbagai macam hal. Dibagian video game saya masih akan meng-cover sebagian besar berita dari berbagai macam platform, Xbox 360, PC, PS Vita, dan juga review-review. Begitu pula untuk berita-berita non-video game.

Karena saya tipe yang sering nggak tahu mau ngomong apa jadi kita langsung saja ya. Selama empat hari ke depan, tiap-tiap anggota StoPlayinGame lain juga akan memperkenalkan dirinya masing-masing. Nggak penting memang, tapi kami ingin membuat hubungan yang lebih personal kepada Anda semua!

Anda semua bisa cek biografi singkat kita nanti (atau sekarang, terserah saja) di page About Us. Anyway!

(PERHATIAN: Ini artikel yang agak panjang, banyak bacot, dan nggak penting. Jika Anda memutuskan untuk lanjut, tanggung akibatnya sendiri!

BEHIND THE SCENES…

Ngobrol sedikit soal latar belakang StoPlayinGame.

StoPlayinGame awalnya merupakan blog video game kecil-kecilan yang dibuat di WordPress.com. Didirikan oleh saya sendiri pada September 2008 di masa awal-awal SMA, selain karena kurang-lebih saya sudah hobi membuang-buang waktu dengan main game dan nggak ada kerjaan lain juga karena pada saat itu belum banyak website game berbahasa Indonesia. Kemudian selang beberapa waktu (setelah memaksa teman-teman sekolah buat membantu), akhirnya lima orang lain pun bergabung dalam perjuangan saya membuang-buang waktu dengan menulis hal-hal nggak jelas.

Mereka adalah: Triadana, yang fokusnya di PC gaming; Reza Yogic, dengan PS3 dan game-game online gratisan sebagai daerah kekuasaannya;  Habibie, editor bagian Hobby News (akan dibahas lebih lanjut dibawah) yang hobinya baca novel; serta Darma, yang meng-cover bagian hardware. Dan seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, mereka akan membuat artikel perkenalan-sambutan sendiri. Jadi kalau pingin kenal mereka lebih dekat, tunggu saja artikel-artikel tersebut. Moving on!

Nggak jelas kita ini tiba-tiba kerasukan atau mabok atau apaan (mungkin kebanyakan junk food dan video game itu bukan ide yang bagus), tapi yang jelas suatu siang ketika lagi “rapat” Habibie menyarankan supaya kita pindah ke website sendiri. Lucunya kita semua juga nggak ada yang nolak dan langsung saja mengiyakan. Maka terjadilah: suka dan duka selama beberapa bulan.

Rencana awalnya kita re-launch pas 28 September 2012, tepat ketika ulang tahun ke…

sekiannya StoPlayinGame. Tapi karena beberapa komplikasi mulai dari web design yang keluar target, jadwal kuliah saya yang beda sendiri, sampai hosting yang rewel, akhirnya kita baru launching sekarang. Kita pun kelewatan berbagai macam berita penting, mulai dari pengumuman mengenai konsol berbasis Android: Ouya, Nvidia Shield, game Pokemon baru, hingga berita PS4 dan NextBox yang lagi heboh belakangan ini. Walaupun lega karena akhirnya website jadi, tapi kita harus menerima “ganjarannya.”

Not exactly our proudest moments, really.

SEMUA BERUBAH SETELAH…

Pindahan ke domain sendiri, berarti harus ada perubahan fisik dan konten juga dong mengingat kita sudah terbebas dari rantai blog theme. Seperti yang bisa Anda semua lihat, banyak perubahan pada StoPlayinGame. Color scheme kita ganti, yang tadinya hijau-putih karena dulu saya sangat Xbox 360-sentris, jadi biru-kuning karena… inspiratif dan menenangkan, mungkin? Entahlah, saya suka warna biru-kuning dan yang lain nggak ada yang protes jadi yaah begitulah. Untuk theme sendiri jelas kita rombak karena kita sudah nggak bergantung pada WordPress.com lagi – kecuali buat dashboard-nya.

Kemudian bagian game dan hal-hal lain (seperti berita soal film atau review buku), dipisah dalam page yang berbeda: “Game” dan “Hobby.” Jadi kalau Anda hanya ingin membaca soal game, Anda bisa mojok saja di page Game. Dengan begini, kami bisa lebih fleksibel sehingga StoPlayinGame bisa memberi variasi nggak hanya berita game melulu tapi juga dengan berita-berita “nggak penting” lainnya.

Page Game 100% dikhususkan untuk berita-berita seputar game. Post-post akan terkategorisasikan berdasarkan platform-nya. Selain platform, artikel juga akan terkategorisasi berdasarkan jenisnya: Berita, sebagian besar artikel masuk kesini;  Review, untuk ulasan full atau sekedar hands-onMod, untuk artikel orang ngotak-ngatik baik file-file game ataupun hardware; Event, kalau bakal ada acara atau kami melakukan liputan; dan Editorial yang merupakan tulisan original berisi opini kami masing-masing.

Sementara itu, page Hobby News bisa dibilang merupakan versi “upgrade”nya kategori “Out of The Gaming Box” di blog lama, kategori untuk membicarakan hal lain selain video game. Pokoknya hal-hal selain game semua masuk kesini, berita-berita nggak penting macam Teknologi (gadget, otomotif, militer), TV (acara TV, kartun, anime), Film (film layar lebar), Buku (komik, novel), dan lain-lain.

Berpatok pada website-website video game luar, nantinya kita juga akan meluncurkan konten-konten original karya kita sendiri, mulai dari komik strip, podcast, Let’s Play, bahkan hingga walktrough, di page “Entertainment” yang untuk sementara ini masih dalam tahap pengerjaan. Konten yang kita keluarkan awal-awalnya mungkin agak nggak jelas, membosankan, dan nggak ada jadwal tetap, jadi kritik dan saran akan sangat kami hargai.

Tentunya berbicara soal perubahan fisik, kita juga bakal melakukan berbagai macam perombakan “bagian dalam” kita sendiri. Review bakal lebih komprehensif, dengan diberikan info soal platform, developer, dan tanggal rilisnya. Jika dulu menggunakan skala 1-10 yang sangat arbitrary, sekarang akan menggunakan sistem skala 1-5, lengkap dengan deskripsi agar penulis (maupun pembaca) memiliki patokan yang jelas untuk tiap-tiap skor.

1/5 = UTTER SHIT – Semua hal yang berusaha untuk ditawarkan sangatlah menyedihkan.Tidak perlu sampai membuang-buang waktu dan uang yang jauh lebih berharga hanya untuk pengalaman yang satu ini.

2/5 = Poor – Ada yang tidak beres dalam proses pembuatannya. Beberapa bagian seperti mencoba untuk membuat pemain lekat dengan layar, tetapi kualitas keseluruhannya mengecewakan.

3/5 = Mediocre – Mungkin memliki premis dan ide yang menarik atau sedikit perbaikan di beberapa aspek dapat membuatnya lebih solid, tapi secara keseluruhan game ini nggak jelek tapi juga nggak bisa dibilang bagus.

4/5 = Great – Terasa lemah di beberapa bagian, entah dari faktor gameplay, visual, maupun cerita. Namun sebagian besar fitur bekerja dengan baik dan game-nya sendiri bisa dinikmati.

5/5 = PERFECT – Contoh yang bagus dalam mendefinisikan suatu genre, game yang mendapat skor ini kurang-lebih adalah game paling “sempurna” yang bisa Anda dapatkan untuk genre tersebut.

Format review dan skor ini juga akan digunakan untuk artikel-artikel review lain seperti review film, buku, dan yang lainnya dengan perubahan seperlunya.

Selain itu bakal ada juga artikel-artikel editorial yang kita tulis seenak-jidat (artikel ini contohnya), sebagian besar mungkin bakal membahas apa yang ada dipikiran kami sebagai individu dalam suatu permasalahan entah itu mengenai pro-kontra pembajakan, hubungan video game dengan kekerasan, dan sebagainya. Supaya isi website lebih variatif dan memancing pembaca untuk berdiskusi!

AKHIR KATA…

Tapi tentunya semua hal dalam perombakan ini nggak bakal langsung BREK-DAN-JALAN, mengingat sebenarnya nggak ada satu pun dari kita yang punya bekal cukup kuat dalam membuat sebuah website “game journalism.” Tulisan kita masih kacau, jadwal penulisan masih nggak tetap, bisa dibilang kurang tenaga, hampir buta soal urusan website dan hosting… koneksi ke industri pun, yaah, bisa dibilang hampir nggak ada. Agak gila juga memang keputusan ini. Tapi kita semua mendedikasikan semua upaya ini tentunya biar Anda semua semakin betah nongkrong di website tercinta kami ini.

Yah kita nggak minta apa-apa dari Anda sekalian (kecuali view dan share-nya ya!) tapi mengutip dubbing-an acara Takeshi Castle yang sempat tayang di stasiun televisi lokal:

“Doakan kami ya!”

——————————————————————————————-

Selain disini, kami juga nongkrong di Facebook, Twitter, dan Plurk.