Devil May Cry bukanlah game yang asing lagi bagi penggemar action. Kali ini CAPCOM kembali meliris sekuel ke 4 dari Devil May Cry. DMC 4 dapat dimainkan di konsol Game : XBOX 360 & PS3, dan juga dapat dimainkan di PC… tentunya dengan grafis yg luar biasa. Sebenarnya pertama kali CAPCOM memberitahukan DMC 4 hanya dirilis sebagai Game PS3, tetapi karena permintaan para penggemar DMC, CAPCOM akhirnya memutuskan untuk merilisnya ke berbagai platform. Di DMC 4, akan ada secuil sedikit puzzle yg mungkin akan menyusahkan. oleh karena itu perhatikan setiap petunjuk yg ada.

Kover Devil May Cry 4, yang menunjukkan hero baru, Nero.

Rating :

-Gameplay : 95/100

-Karakter : 90/100

-Kualitas Grafik : 97/100

-Kualitas Suara & Musik : 91/100

~~~Storyline~~~

Awal cerita DMC 4 dimulai dengan video seorang pria remaja, Nero, yg lari menuju aula pertemuan Order of Sword. Di tengah perjalanan, Nero bertemu dengan sejumlah setan/akuma, dan Nero membantai mereka satu persatu. Setelah ia sampai ke aula pertemuan Order of Sword. Tiba-tiba Dante, tokoh utama DMC 1, 2, 3, Mendadak datang dan membantai para ksatria Order of Sword dgn sadis. Saat itu juga Nero melihat Dante sebagai seorang antagonist. Mereka sempat beradu pedang, dan pada akhirnya, sebelum Dante pergi, ia menunjukan pasukan Order of Knight adalah setan. Nero yg makin merasa bingung, manakah yg benar dan yg salah. Cuplikan video inilah yg menjadi permulaan kisah DMC 4.

~~~Gameplay~~~

Gameplay DMC 4 ini hampir sama dengan seri-seri sebelumnya, berpacu dengan waktu menyelesaikan misi untuk meraih tingkat yg terdapat dari D hingga SS. Akan banyak monster yg dijumpai di perjalanan, tapi tenang saja karena kebanyakan monster yg muncul adalah monster cetek yg tidak begitu kuat. Di dalam game DMC 4, kita harus mengumpulkan red orb untuk membeli item. Di DMC 4, red orb hanya dapat digunakan untuk membeli item, sedangkan proud soul adalah uang yg digunakan untuk meng-upgrade skill.

Peringkat akhir misi diurutkan berdasarkan waktu yang terpakai dalam menyelesaikan misi, damage yang diterima player, style points ketika menyerang. Style points didapat dari kombo-kombo yang dilancarkan. Urutan Style Point tergantung dari banyaknya kombo cantik yang dikerahkan, mulai dari D (Deadly) hingga S (Stylish), maka makin besar poin yang diperoleh. Apabila pemain terkena serangan atau berhenti menyerang, combo meter-nya akan berkurang.

Nero memiliki pedang bernama Red Queen, yg mempunyai gagang seperti motor, dan ditangan kanan Nero, ada tangan setan yg bernama Demon Bringer, memberi gaya berbeda dalam pertarungan dan efektif serta memiliki damege yg cukup besar. Terdapat Exceed Gauge yang dapat diisi dengan menekan LT (Left Trigger) berulang kali hingga Gauge-nya penuh. Cara memenuhkan Gauge adalah dengan menekan LT satu persatu. Ketika penuh, Red Queen akan menyala merah terang sehingga serangan berikutnya akan dahsyat. Kita dapat men-charge nya bila terdapat sela waktu, lumayan untuk mempersingkat waktu membasmi musuh :D . Demon Bringer dapat digunakan dengan menekan tombol B. Nero dapat menangkap musuhnya dan kemudian melemparnya dengan berbagai variasi tergantung musuhnya. Cocok untuk melawan musuh yg lincah dan dapat terbang. Untuk menentukan target musuh, kita dapat menekan RT (Right Trigger) lalu memencet B. Apabila dibarengi dengan serangan pedang dan serangan revolver Blue Rose akan menghasilkan kombo yang sangat keren. Selain untuk menyerang, tangan kanan Nero digunakan untuk menggapai tempat-tempat tertentu yg tidak dapat dilewati dengan meloncat.

~~~Karakter~~~

Nero, sang protagonis baru di serial DMC, memiliki sebuah pedang unik yang memiliki gagang seperti grip motor yang bisa diputar dan dinamakan Red Queen. Gagang ini apabila diputar akan membuat Red Queen menyala merah terang, dan sebuah senjata revolver berlaras ganda yg bernama Blue Rose. Tangan kanan Nero terlihat seperti tangan iblis milik Allen Walker (serial anime D.Gray Man) dan menyala biru dan ungu. Tangan kanannya disebut Demon Bringer dan memiliki kekuatan melebihi manusia. Nero dapat menarik musuh dan melemparnya dengan mudah menggunakan tangan kanannya ini. Nero memiliki rambut putih menyerupai Dante dan mengenakan kostum berupa celana jeans biru, jaket biru yang panjang, dan rompi merah. Setelah sebuah event di cerita, Nero akan memiliki transformasi Devil Trigger seperti Dante. Yaitu sebuah versi power-up Nero dengan sesosok roh iblis yang melayang-layang di atas dirinya dan dapat menggunakan pedang katana baru yg bernama Yamato. Kita dapat menggunakan pedang Yamato tersebut ketika Nero berubah menjadi sosok roh iblis.

~~~Kualitas Grafik dan Suara~~~

Sebuah kata yang akan terucap tanpa sadar ketika memainkan game ini adalah ‘WOW.’ Grafik yang disuguhkan oleh Capcom sangat memukau. Capcom benar-benar memberi sebuah rekreasi untuk mata Anda. Detail dari lingkungan sangat bagus, animasi pertempuran sangat luwes dan tampil tanpa cacat. Udah gitu, desain levelnya sangat menakjubkan, dari kota yang hancur, gurun salju, hingga istana megah, dipadu dengan efek pencahayaan yang harus diberi 2 jempol. Framerate sangat stabil dan hampir tidak menemukan lag. Waktu loading antara tempat-tempat juga sangat minim. Tetapi terkadang kontrol menjadi aneh ketika berpindah dari tempat yang free-camera ke fixed-camera.

Seperti game-game terdahulunya, OST DMC 4 tidak mengecewakan. Dari intro kita sudah disuguhkan dengan lagu ‘Drink it Down’ karya L’Arc-en-Ciel.Musik latar yang digunakan sangat sesuai dengan lingkungan dan suasana. Suara musik terkesan mencekam bakal menyelimuti Anda ketika sedang menyusuri lorong-lorong, tapi apabila suara musiknya berubah menjadi ke genre Metal keras berarti menandakan musuh akan muncul.

Devil May Cry benar-benar game yg sangat cocok bagi anda penggemar action. Dan puzzle tertentu yg membutuhkan pemikiran cermat agar tidak salah langkah.

5/5 = Super Sekali – Contoh yang bagus dalam mendefinisikan suatu genre, game yang mendapat skor ini kurang-lebih adalah game paling “sempurna” yang bisa Anda dapatkan untuk genre tersebut.

 

———————————————–

Ditulis oleh: ARX 7 (site) (site)